UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE OBSERVASI PADA SISWA KELAS V SDN PANGKATREJO II

AFIYATI, IKA HENI (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE OBSERVASI PADA SISWA KELAS V SDN PANGKATREJO II. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikaheniafi-33369-1-pendahul-n.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikaheniafi-33369-2-babi.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah belum begitu berkembang.Hal itu dikarenakan guru kurang maksimal dalam mendesain kegiatan pembelajaran yang inofatif,kreatif dan menyenangkan.Guru juga kurang melibatkan siswa dalam beberapa kegiatan percobaan pembelajaran IPA. Sehingga mereka kurang termotifasi untuk belajar. Guru merupakan salah satu faktor yang dominan dalam tercapainya tujuan pembelajaran di sekolah. Seorang guru harus memiliki kompetensi, dan dapat melakukan variasi-variasi dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu variasi yang dapat digunakan adalah penggunaan metode observasi dalam pembelejaran IPA tentang materi sifat-sifat cahaya, karena materi ini memerlukan pengamatan belajar langsung. Dengan menggunakan metode observasi ini dapat menjadikan pembelajaran lebih baik dan hasil belajar meningkat ,siswa tidak takut. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan metode observasi dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada kelas V SDN Pangkatrejo II. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui hasil belajar penggunaan metode observasi pada pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Pangkatrejo II. Model yang dipilih dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Pelaksanaannnya menggunakan sistem siklus yakni dengan melakukan dua siklus dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengumpulan data, dan revleksi. Data utama yang dikumpulkan adalah hasil pengamatan aktifitas guru dan siswa selama proses pembelajaran serta hasil belajar siswa. Kesimpulannya, bahwa penerapan metode observasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi sifat-sifat cahaya dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Pangkatrejo II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Apr 2016 01:42
Last Modified: 19 Apr 2016 01:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27274

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo