UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE “RUMLI” DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 1 PATAAN SAMBENG LAMONGAN

ISMAIL, M. (2013) PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE “RUMLI” DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 1 PATAAN SAMBENG LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mismail201-33372-1-pendahul-n.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mismail201-33372-2-babi.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada Pembelajaran Matematika kelas II SD Muhammadiyah 1 Pataan, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan. Metode yang selama ini digunakan oleh guru adalah ceramah dan penugasan belum menggunakan variasi lainnya yang melibatkan siswa sepenuhnya dalam pembelajaran sehingga menimbulkan kejenuhan dan kreativitas peserta didik kurang berkembang karena siswa dituntut untuk menghafalkan sehingga sering membingungkan dan membosankan bagi anak. Guru juga belum memanfaatkan penggunaan media pembelajaran yang menarik minat siswa dalam menyampaikan materi pembelajaran untuk memudahkan pemahaman siswa. Oleh sebab itu, diperlukan adanya suatu media pembelajaran yang tepat yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembalajaran Matematika seharusnya berlangsung secara aktif yang melibatkan siswa sepenuhnya baik secara fisik maupun mental, oleh karena itu dalam penelitian ini menggunakan Media Puzzle “RUMLI”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Media Puzzle “RUMLI” dalam pembelajaran Matematika dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus I dilakukan dalam 1 kali pertemuan, siklus II juga dilakukan dalam 1 kali pertemuan. Siklus I dan siklus II dilakukan dengan fokus peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Media Puzzle “RUMLI”. Instrumen yang digunakan yaitu Lembar Kerja Siswa dan Lembar Evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan Hasil belajar siswa menggunakan Media Puzzle “RUMLI” dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari hasil lembar evaluasi siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 62,5% siswa yang tuntas atau memahami materi dengan baik, sedangkan 37,5% siswa belum mampu memahami materi dengan baik. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 75% siswa sudah tuntas atau sudah memahami materi dengan baik dan sebesar 25% siswa belum mampu memahami materi dengan baik. Penelitian ini dikatakan berhasil karena presentase peningkatan belajar siswa secara klasikal pada siklus II telah melebihi dari kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan yaitu 70%. Kata kunci: Media Puzzle “RUMLI” dan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Apr 2016 01:33
Last Modified: 19 Apr 2016 01:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27271

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo