UMM Institutional Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN PARAGRAF DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS III SDN GADING I SURABAYA

KHOIROH, HIMATUL (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN PARAGRAF DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS III SDN GADING I SURABAYA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-himatulkho-33376-1-pendahul-n.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-himatulkho-33376-2-babi.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) penerapan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan menyusun paragraf pada siswa kelas III SDN Gading I Surabaya; 2) peningkatan kemampuan menyusun paragraf dengan menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas III SDN Gading I Surabaya Metode penelitian yang digunakan adalah metode pembelajaran langsung. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Gading I Surabaya Surabaya yang berjumlah 46 siswa. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah dengan observasi, dokumentasi, dan tes kemampuan menyusun paragraf dengan media gambar berseri. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa data aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa yang sudah terkumpul, kemudian ditelaah secara komprehensip, metode atau teknik analisa data yang digunakan adalah metode statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I ketuntasan klasikal tes evaluasi sebesar 70,22 % dan pada siklus II meningkatkan menjadi 85,87 %. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor sebesar 70,83 % sedangkan pada siklus II memperoleh skor sebesar 97,22 %. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor sebesar 62,5 % dan pada siklus II aktivitas siswa memperoleh skor sebesar 85,9 %. Aktivitas siswa pada ranah afektif di siklus I memperoleh skor sebesar 70,8 % dan di siklus II memperoleh skor sebesar 93,8 % dan aktifitas siswa pada ranah phsykomotorik di siklus I memperoleh skor sebesar 58,33 % dan di siklus II memperoleh skor sebesar 83,3 %. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri dalam pembelajran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Gading I Surabaya. Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Indonesia, Media Gambar berseri, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Apr 2016 12:00
Last Modified: 18 Apr 2016 12:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27252

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo