UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUM DAN LUAS PERMUKAAN BALOK DENGAN METODE STAD SISWA KELAS VB SDN PLOSO V- 176 KECAMATAN TAMBAKSARI SURABAYA

AISYAH, IDA (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUM DAN LUAS PERMUKAAN BALOK DENGAN METODE STAD SISWA KELAS VB SDN PLOSO V- 176 KECAMATAN TAMBAKSARI SURABAYA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-idaaisyah2-33377-1-pendahul-n.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-idaaisyah2-33377-2-bab1.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran Matematika. siswa, hanya 10 siswa (35%) yang mencapai nilai KKM sekolah yaitu 74. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran matematika, guru jarang menggunakan media pembelajaran. Belajar matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan bilangan sampai dua angka salah satunya adalah pola pengajaran selama ini masih dengan tahapan-tahapan memberikan informasi tentang materi-materi yang bersifat ceramah. Oleh karena itu peneliti berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode STAD, karena media ini dapat menerjemahkan konsep atau gagasan yang abstrak menjadi lebih realistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dalam mencari volum dan luas permukaan balok menggunakan metode STAD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK merupakan salah satu metode penelitian yang dapat menyelesaikan masalah di kelas sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif. PTK terdiri dari beberapa siklus dan setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi .Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Ploso V-176 Kecamtan Tambaksari Surabaya yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan diskusi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pada kegiatan pembelajaran aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I aktivitas guru mencapai 75 dan siklus II aktivitas guru mencapai 91,7%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 75% dan siklus II aktivitas siswa mencapai 90%. Data hasil tes siswa dalam hal ini persentase ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 60,7% dan siklus II mencapai 85,7%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode STAD pada mata pelajaran matematika kelas VB SDN Ploso V-176 Kecamatan Tambaksari Surabaya berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai guru. Kata Kunci :Penjumlahan dan pengurangan pecahan, metode STAD, Matematika, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Apr 2016 11:57
Last Modified: 18 Apr 2016 11:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27250

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo