UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PELAJARAN PKN POKOK BAHASAN PENTINGNYA KEUTUHAN NKRI SDN RANGKAH VII SURABAYA

KASIN, (2013) PENGGUNAAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PELAJARAN PKN POKOK BAHASAN PENTINGNYA KEUTUHAN NKRI SDN RANGKAH VII SURABAYA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kasin20101-33378-1-pendahul-n.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kasin20101-33378-2-babi.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V pelajaran PKn pokok bahasan pentingnya keutuhan NKRI SDN Rangkah VII Surabaya. Ini bisa dilihat dari nilai ulangan harian yang dicapai siswa masih menunjukkan kurang menggembirakan. Dari 23 orang siswa, hanya 13 siswa ( 56,5 %) yang berhasil mencapai nilai KKM atau nilai minimal 70 dan 10 siswa ( 43,5 %) masih belum mencapai nilai KKM .Masalah yang akan di bahas adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penggunaan media film .Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah guru menggunakan media film sebagai pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Rangkah VII Surabaya. Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar belajar siswa terhadap mata pelajaran PKn sehingga siswa lebih senang dan mudah memahami materi pelajaran . Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar digunakan oleh guru untuk dijadikan ukuran atau kriteria dalam mencapai suatu tujuan pendidikan. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan usaha untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga negara dengan negara serta pendidikan pengetahuan bela negara agar menjadi warga negara yang dapat diandalakan oleh bangsa dan Negara. Pembelajaran dengan media film informasi yang diterima siswa cenderung meningkat. Dalam penelitian mempergunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan jumlah siswa 23 anak dan dilaksanakan selama 2 kali pertemuan yaitu yang pertama tanggal,22 Oktober 2012.dan yang ke dua tanggal 5 Nofember 2012. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan tes tulis yang berhubungan dengan peningkatan hasil belajar PKn melalui pembelajaran dengan menggunakan media film. Dari hasil penelitian peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Rangkah VII Surabaya dari 56,5% yang tuntas pada siklus 1 sampai pada siklus 2, atau terjadi kenaikan 100% tuntas setelah guru menggunakan media film dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian diatas dapat kami simpulkan adanya perubahan dari hasil balajar siswa, menjadi lebih meningkat yang sangat tajam , bahkan mereka menjadi aktif dan sangat antusias dalam menerima dan mengikuti pembelajaran Kata Kunci : Media Film, Pelajaran PKn dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Apr 2016 11:55
Last Modified: 18 Apr 2016 11:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27248

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo