UMM Institutional Repository

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI KEDUNGWANGI I KECAMATAN SAMBENG KABUPATEN LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

HARIANTO, AGUS SULISTYO BUDI (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI KEDUNGWANGI I KECAMATAN SAMBENG KABUPATEN LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agussulist-33381-1-pendahul-n.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agussulist-33381-2-babi.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Penyebabnya adalah siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar, keluasan materi ajar menyebabkan siswa cenderung bosan dan sulit untuk memahami yang di sampaikan. Guru juga masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru sendiri, yaitu metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Hal ini terbukti dari 20 siswa hanya 9 siswa yang mencapai nilai KKM 70, jadi hanya sekitar 45 %. Melihat kenyataan tersebut diperlukan alternatif pemecahan masalah yaitu dengan menggunakan metode bermain peran, karena dengan menggunakan metode bermain peran merupakan salah satu usaha dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menarik merujuk pada keaktifan siswa Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode bermain peran tentang lembaga pemerintahan tingkat pusat dapat meningkatkan hasil belajar PKn dan mengetahui peningkatan hasil belajar PKn tentang lembaga pemerintahan tingkat pusat melalui metode bermain peran pada siswa kelas IV SDN Kedungwangi I Kecamatan Sambeng- Lamongan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat siklus I siswa yang dikatakan sudah tuntas belajar hanya 13 dari 20 siswa. Tetapi pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 17 siswa dari 20 siswa. Prosentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 65% menjadi 85%. Hal ini menunjukkan metode yang digunakan sudah berhasil dan sesuai dengan kondisi kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Apr 2016 11:46
Last Modified: 18 Apr 2016 11:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27242

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo