UMM Institutional Repository

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI IPS MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DI KELAS V SD NEGERI SUKOSARI - MANTUP - LAMONGAN

HIDAYATI, LULUK (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI IPS MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DI KELAS V SD NEGERI SUKOSARI - MANTUP - LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lulukhiday-33383-1-pendahul-n.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lulukhiday-33383-2-babi.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Kondisi pembelajaran yang ada di SD Negeri Sukosari pada materi IPS adalah sebagai berikut: 1) Ketekunan siswa dalam menyelesaikan tugas masih rendah, 2) Kesenangan siswa dalam menerima tantangan dari guru berupa tugas yang diberikan masih rendah. 3) Kekompakan siswa dalam proses belajar masih rendah 4) Kemampuan komunikasi antar siswa masih jarang terjadi. 5) Aktifitas siswa cenderung masih mengarah pada perilaku diluar pembelajaran dan tingkat perhatian pada pelajaran masih kurang, dan 6) prestasi belajar siswa masih belum mencapai standart KKM sehingga dalam setiap pertemuan tingkat pencapaian ketuntasan belum mencapai. Dari sinilah peneliti ingin melakukan penelitian tentang Prestasi Belajar Siswa pada meteri IPS melalui metode Teams Games Tournaments (TGT) guna meningkatkan aktivitas siswa dan hasil prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SD Negeri Sukosari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: metode observasi, metode interview/wawancara, dan metode dokumentasi. Jenis penelitiannya adalah PTK, dengan menerapkan tiga siklus. Siklus I menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT melalui cerita. Siklus II menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan sarana perpustakaan dan media LKS. Siklus III menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT melalui diskusi tim, tournament dan uji kompetensi. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, adanya peningkatan aktivitas, yakni aktivitas bertanya antar siswa/guru, aktivitas mengungkapkan ide atau pendapat, aktivitas aktif dalam diskusi dan aktivitas partisipasi aktif dalam turnamen. Begitu pula pada ketrampilan kooperatif siswa mengajukan pertanyaan Ketrampilan menjawab / menanggapi pertanyaan. Peningkatan prestasi belajar siswa melalui metode TGT pada pelajaran IPS di kelas V SD Negeri Sukosari dengan hasil prestasi belajar siswa dari siklus I, II dan III rata –rata nilai 67,09; 73,31; 83,04. Kategori Tuntas mencapai 90,9% atau 20 siswa dari 22 siswa dikatakan Tuntas belajarnya. Hal ini berarti ketuntasan belajar siswa secara klasikal sudah terpenuhi dengan rencana sebesar 80 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Apr 2016 11:40
Last Modified: 18 Apr 2016 11:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27238

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo