UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN TATA SURYA PADA SISWA KELAS VI SD. K. ABDULLAH UBAID II SURABAYA

AFIFAH, NUR (2013) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN TATA SURYA PADA SISWA KELAS VI SD. K. ABDULLAH UBAID II SURABAYA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurafifah2-33387-1-pendahul-n.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurafifah2-33387-2-babi.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA yang dilakukan di SD. K. Abdullah Ubaid II Surabaya masih bersifat konvensional. Metode yang digunakan oleh guru adalah menggunakan metode ceramah, siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru kemudian mengerjakan tugas atau evaluasi. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa 64,5% nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) oleh karena itu peneliti berupaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan melakukan pembaharuan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru dengan menggunakan metode demonstrasi pada pokok bahasan tata surya. Peningkatan hasil belajar adalah hasil suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup baik yang bersifat pengetahuan, ketrampilan, dan sikap. IPA adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk dimuka bumi ini sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Pokok bahasan IPA yang diambil dalam penelitian ini adalah Tata Surya. Metode demonstrasi adalah metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu baik sebenarnya atau sekedar tiruan. Metode demonstrasi pada umumnya ditandai dengan adanya peragaan secara langsung suatu proses atau kejadian tertentu, sehingga siswa bisa mengamati dan melakukan secara langsung proses atau kejadian tersebut. Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan jumlah siswa 31 anak, penelitian ini dilaksanakan selama 2 kali pertemuan yaitu yang pertama pada tanggal 4 Maret 2013 dan 18 Maret 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Penerapan pembelajaran dengan metode demonstrasi berhasil karena pelaksanakan pembelajaran sudah sesuai dengan langkah-langkah metode demonstrasi dan disertai dengan meningkatnya aktivitas guru dan siswa, hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil prosentase aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung pada siklus I dan siklus II. Aktivitas guru meningkat sebesar 22% dan aktivitas siswa meningkat 21,9%. Hasil belajar IPA pokok bahasan tata surya pada siswa kelas VI SD. K. Abdullah Ubaid II Surabaya dengan menggunakan metode demonstrasi mengalami peningkatan dari 58,1% pada siklus I menjadi 87,1% pada siklus II, atau terjadi kenaikan sebesar 29%. Kata kunci: Hasil belajar, IPA, Tata Surya, Metode demonstrasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Apr 2016 11:28
Last Modified: 18 Apr 2016 11:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27232

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo