UMM Institutional Repository

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CIRI-CIRI BINATANG MELALUI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS 2 SDN PULE II KECAMATAN MODO LAMONGAN

ASTUTIK, PUJI (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CIRI-CIRI BINATANG MELALUI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS 2 SDN PULE II KECAMATAN MODO LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pujiastuti-33393-1-pendahul-n.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pujiastuti-33393-2-babi.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 2 SDN Pule II Kecamatan Modo ditemukan permasalahan rendahnya kemampuan siswa dalam menceritakan suatu gambar yaitu ciri-ciri binatang, banyak siswa yang tidak bisa menceritakan gambar tersebut. Ada beberapa siswa yang bisa tetapi kalimat yang diutarakan kurang sempurna. Bahkan ada yang tidak sesuai dengan gambar. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran kurang menarik, kurangnya kebiasaan siswa dalam menceritakan gambar, dan hasil belajar siswa masih sangat rendah. Oleh sebab itu, diperlukan adanya suatu metode pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam menceritakan ciri-ciri binatang sesuai dengan gambar. Metode pembelajaran untuk memecahkan masalah tersebut adalah metode Student Teams Achievement Division. Metode pembelajaran Student Teams Achievement Division adalah salah satu metode dalam pembelajaran kooperatif yang sederhana dan baik untuk guru yang baru mulai menggunakan pendekatan kooperatif dalam kelas dan untuk menghadapi kemampuan siswa yang heterogen. Metode pembelajaran ini dikembangkan untuk melibatkan siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan menuntut siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi ciri-ciri binatang pada siswa kelas 2 semester II SDN Pule II Kecamatan Modo Tahun Pelajaran 2012/2013 setelah diterapkannya metode Student Teams Achievement Division. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran dengan menggunakan metode Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi ciri-ciri binatang. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes akhir siswa bahwa pada siklus I sebesar 70,85% siswa yang tuntas sedangkan 29,17% siswa belum tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 91,67% siswa sudah tuntas dan sebesar 8,33% siswa belum tuntas. Penelitian ini dikatakan berhasil karena presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II telah melebihi dari kriteria ketuntasan belajar siswa yaitu 80%. Kata kunci : Prestasi Belajar, Ciri-ciri Binatang, dan Metode Student Teams Achievement Division

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Apr 2016 11:12
Last Modified: 18 Apr 2016 11:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27225

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo