UMM Institutional Repository

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS 2 SDN PULE I

HASTUTI, RITA (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS 2 SDN PULE I. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ritahastut-33396-1-pendahul-n.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ritahastut-33396-2-babi.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA Kelas 2 SDN Pule I kecamatan Modo ditemukan permasalahan rendahnya kemampuan siswa dalam materi kenampakan matahari.Keaktifan dan kepercayaan diri siswa masih kurang. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran kurang menarik,hasil belajar siswa materi kenampakan matahari masih sangat rendah. Oleh sebab itu diperlukan adanya suatu metode pembelajaran untuk memecahkan masalah tersebut adalah metode Studant Teams Achievement Division. Metode pembelajaran Student Teams Achievement Division adalah salah satu metode dalam pembelajaran koopertif yang sederhana dan baik untuk guru yang baru mulai menggunakan pendekatan kooperatif dalam kelas dan untuk menghadapi kemampuan siswa yang heterogen. Metode pembelajaran ini dikembangkan untuk melibatkan siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pembelajaran dan menuntut siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi kenampakan matahari pada siswa kelas 2 semester II SDN Pule I Kecamatan Modo Tahun Pelajaran 2012/2013 setelah diterapkan metode Student Teams Achievement Division. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran dengan menggunakan metode Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa materi kenampakan matahari. Hal ini dapat di dilihat dari hasil altivitas siswa pada siklus I sebesar 66,67% siswa yang tuntas sedangkan 33,33%siswa belum tuntas. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75% siswa yang tuntas sedangkan 25%siwa tidak tuntas.Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 91,65% siswa sudah tuntas dan sebesar 8,33% siswa belum tuntas, begitu pula dengan hasil belajarnya yaitu 89,55% siswa yang tuntas sedangkan 10,42% siswa belum tuntas.Penelitian ini dikatakan berhasil karena presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II telah melebihi dari kriteria ketuntasan belajar siswa yaitu 80%. Kata kunci: Aktivitas belajar, hasil belajar, metode pembelajaran Student Teams Achievement Division

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Apr 2016 10:50
Last Modified: 18 Apr 2016 10:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27220

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo