UMM Institutional Repository

KEMAMPUAN MENULIS CERITA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS 2 SDN SUMBERSARI KECAMATAN SAMBENG KABUPATEN LAMONGAN

HARYANTI, JUNI (2013) KEMAMPUAN MENULIS CERITA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS 2 SDN SUMBERSARI KECAMATAN SAMBENG KABUPATEN LAMONGAN. UNSPECIFIED thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-juniharyan-33423-1-pendahul-n.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-juniharyan-33423-2-babi.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya kemampuan menulis siswa Kelas II SDN Sumbersari Kecamatan Sambeng Lamongan yang ditunjukkan oleh ketuntasan pembelajaran menulis hanya 51.7 %. Hal ini mungkin disebabkan oleh pendekatan, strategi, model, atau metode yang diterapkan oleh guru kurang sesuai, juga kemampuan guru serta sarana pembelajaran yang meliputi media, alat peraga, dan buku pegangan siswa yang terbatas, atau sebab lain yang tidak diketahui. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan pemanfaatan media gambar terhadap kemampuan menulis cerita siswa kelas II SDN Sumbersari Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan ? (2) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis cerita siswa kelas II SDN Sumbersari Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan dengan media gambar? Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui penerapan pemanfaatan media gambar dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa kelas II SDN Sumbersari Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. (2) Meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa kelas II SDN Sumbersari Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan dengan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan teknik observasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil siklus pertama ada kenaikan ketuntasan klasikal dari 51.7 % (sebelum siklus) menjadi 75,8 % (siklus I). Berdasarkan hasil pada siklus I maka pada siklus II dilakukan beberapa variasi perlakuan untuk meningkatkan ketuntasan dalam pembelajaran melalui uji kompetensi sehingga pada siklus II ada kenaikan ketuntasan klasikalnya mencapai 93,1 % meningkat dari siklus sebelumnya 75,8 %. Karena telah terjadi peningkatan seperti yang diharapkan maka penelitian dihentikan setelah siklus kedua. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan menulis cerita siswa kelas 2 SDN Sumbersari Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan dapat dilakukan melalui penerapan pembelajaran yang menggunakan media gambar. (2) Kemampuan menulis cerita siswa kelas 2 SDN Sumbersari Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan dengan media gambar meningkat yang ditunjukkan oleh hasil ketuntasan belajar klasikal yakni 51,7 (sebelum siklus) menjadi 75,8 (siklus I) dan 93,1 (siklus II).

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Apr 2016 09:24
Last Modified: 18 Apr 2016 09:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27197

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo