UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE EKSPERIMEN MENGGUNAKAN BENDA ASLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS TENTANG CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS III SDN MOJO IV NO.223 SURABAYA

AMILIA, ANITA (2013) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN MENGGUNAKAN BENDA ASLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS TENTANG CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS III SDN MOJO IV NO.223 SURABAYA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anitaamili-33424-1-pendahul-n.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anitaamili-33424-2-bab1.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Pengamatan yang telah dilaksanakan di SDN Mojo IV No. 223 Surabaya dapat diketahui beberapa permasalahan yang timbul pada pembelajaran IPA. Adapun rincian dari permasalahan yang timbul : (1) kedudukan dan fungsi guru dalam kegiatan pembelajaran cenderung masih dominan. (2) penggunaan sistem pembelajaran yang konvensional yaitu siswa hanya diberi pengetahuan secara lisan (ceramah) dan pemberian tugas saja sehingga siswa menerima pengetahuan secara abstrak, siswa tidak diberi kesempatan untuk mengidentifikasi dan menemukan sendiri konsep IPA. (3) Nilai rata-rata ulangan harian Kompetensi Dasar Mendeskripsikan tentang ciri-ciri makhluk hidup masih di bawah Standar Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah tersebut yaitu > 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) pelaksanaan pembelajaran IPA materi tentang ciri-ciri makhluk hidup melalui eksperimen di kelas III SDN Mojo IV Surabaya ; (2) peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penggunaan eksperimen di kelas III SDN Mojo IV Surabaya; (3) peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan model eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan : Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Mojo IV Surabaya yang terdiri dari 42 siswa dengan rincian 24 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi, dokumentasi dan soal tes. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena siswa telah membuktikan dengan percobaanya sendiri atau bereksperimen dan membuktikan kebenaran sebuah teori dengan praktek langsung atau mengamati suatu masalah; (2) Penerapan model eksperimen dalam pembelajaran Sains dapat dilaksanakan dengan baik ini terbukti dari hasil observasi pada siklus I skor perkembangan kelompok presentase 52,4 % sedangkan observasi pada siklus II skor perkembangan kelompok dengan presentase 95,24%; (3) Adanya peningkatan nilai rata – rata dari 68,33 pada siklus I dan 84,76 pada siklus II; (4) Saran bagi guru hendaknya menerapkan model eksperimen dalam pembelajaran IPA sebagai inovasi dalam pembelajaran. Kata Kunci : Eksperimen, Pembelajaran IPA, Aktivitas siswa, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Apr 2016 09:20
Last Modified: 18 Apr 2016 09:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27194

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo