UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA ASPEK BERBICARA MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS III SDN KEDUNGDADI II KECAMATAN SUGIO LAMONGAN

ERAWATI, NANIK (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA ASPEK BERBICARA MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS III SDN KEDUNGDADI II KECAMATAN SUGIO LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nanikerawa-33493-1-pendahul-n.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nanikerawa-33493-2-babi.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Pola penerapan Metode belajar mengajar dengan cara lama seperti guru menerangkan kepada siswa biasanya siswa sulit memahami,menerapkan,memberi umpan balik,merangkum dan membuat kesimpulan. Walaupun dengan intensitas belajar mengajar yang lebih lama akan cenderung mengalami kejenuhan. Berlatar belakang dari permasalahan tersebut metode pembelajaran dengan pola aspek berbicara bisa diperbarui dengan metode bembelajaran melalui media gambar berseri pada pembelajaran bahasa indonesia. Rumusan masalah pada penelitian ini, adalah (1) Bagaimanakah prosedur penggunaan media gambar berseri pada pembelajaran bahasa indonesia aspek berbicara pada kelas III SDN Kedungdadi II? (2) Bagaimanakah peningkatan belajar bahasa indonesia aspek berbicara menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas III SDN Kedungdadi II? Tujuan dari penelitian ini diantaranya (1) Mendeskripsikan penggunaan media berseri dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa dalam bahasa Indonesia; (2) Meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Kedungdadi II dalam bercerita menggunakan bahasa Indonesia melalui media berseri. Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka kegiatan ini dilaksanakan dengan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas tiga SDN Kedungdadi II kecamatan Sugio kabupaten Lamongan yang berjumlah 18 siswa. Kesimpulan bahwa hasil evaluasi siswa selama berlangsung penelitian pada siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 82,5% pada siklus II sehingga mengalami sebesar 17,5% .Dengan demikian dapat dikatakan bahwa guru telah mampu melaksanakan dan mengelola pembelajaran menggunakan gambar berseri dengan baik. Kata kunci : Kemampuan bercerita, gambar berseri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Apr 2016 08:24
Last Modified: 18 Apr 2016 08:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27165

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo