UMM Institutional Repository

ANALISIS POLA PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENETAPAN SEKTOR EKONOMI UNGGULAN DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Setiawan, Wawan (2014) ANALISIS POLA PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENETAPAN SEKTOR EKONOMI UNGGULAN DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wawansetia-34667-1-pendahul-.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wawansetia-34667-2-babi.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian “Pola Pertumbuhan Ekonomi Dan Penetapan Sektor Ekonomi Unggulan di Provinsi Kalimantan Selatan”. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota dan Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan menurut lapangan usaha atas dasar harga konstan tahun 2006-2007. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Pertumbuhan Ekonomi, Analisis Static Location Quotient (SLQ) dan Dynamic Location Quotient (DLQ), serta analisis Tipologi Klasen. Dengan analisis pertumbuhan ekonomi didapat hasil bahwa level pertumbuhan paling tinggi dicapai oleh Kabupaten Tanah Bumbu pada tahun 2008 dengan tingkat pertumbuhan 8,02 persen dan level pertumbuhan paling rendah ada di Kabupaten Barito Kuala dengan tingkat pertumbuhan 0,34 persen pada tahun 2007. Dalam penetapan sektor ekonomi unggulan dengan analisis SLQ dan DLQ, Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru merupakan daerah yang memiliki sektor unggulan paling banyak dengan 5 (lima) sektor Kota Banjarmasin terdiri dari (1) Sektor Listrik dan Air Bersih; (2) Bangunan; (3) Perdagangan, Hotel dan Restoran; (4) Pengangkutan dan Komunikasi; dan (5) sektor Keuangan, Persewaan dan Jasa Perusahaan, Kota Banjarbaru terdiri dari sektor (1) Listrik dan Air Bersih; (2) Bangunan; (3) Perdagangan, Hotel dan Restoran; (4) Keuangan, Persewaan dan Jasa Perusahaan; dan (5) sektor Jasa-jasa, disusul Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan 4 (empat) sektor unggulan meliputi (1) sektor Pertanian; (2) Listrik dan Air Bersih; (3) Bangunan; (4) dan sektor Jasa-jasa. Sedangkan berdasarkan analisis Tipologi Klasen dapat disimpulkan bahwa Pola dan Struktur Ekonomi Kota dan Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan berdasarkan tipologi klasen hanya terbagi 3 (Tiga) klasifikasi daerah, yaitu sebagai berikut : Daerah Cepat Maju dan Cepat Tumbuh meliputi daerah Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Balangan. Kategori klasifikasi daerah Berkembang Cepat meliputi Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Dan kategori klasifikasi daerah tertinggal meliputi Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan Kabupaten Tapin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:46
Last Modified: 18 Apr 2016 07:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27151

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo