UMM Institutional Repository

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS IIB SDN PACARKELING VIII-189 KECAMATAN TAMBAKSARI SURABAYA

IRAWATI, DYAH (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS IIB SDN PACARKELING VIII-189 KECAMATAN TAMBAKSARI SURABAYA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dyahirawat-33524-1-pendahul-n.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dyahirawat-33524-2-babi.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1. Penerapan media kartu bilangan untuk meningkatkan prestasi belajar perkalian pada siswa kelas II B Sekolah Dasar Negeri Pacarkeling VIII – 189 Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya, 2. Peningkatan prestasi belajar perkalian dengan menggunakan media kartu bilangan pada siswa kelas II B Sekolah Dasar Negeri Pacarkeling VIII – 189 Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan metode langsung. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi langsung tentang penggunaan kartu bilangan dalam pembelajaran yang dilakukan oleh pengamat terhadap guru dan observasi yang dilakukan olah guru terhadap siswa, metode tes yaitu untuk mengetahui keberhasilan dalam penggunaan media kartu bilangan dalam pembelajaran perkalian siswa kelas IIb SDN Pacarkeling VIII-189 Kec. Tambaksari Surabaya dan metode angket untuk mengetahui ketertarikan siswa terhadap media kartu bilangan. Hasil studi menunjukan bahwa semua siswa dapat mencapai KKM. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 72% dan pada siklus II menunjukkan nilai rata-rata 83%. Tanggapan siswa dalam penggunaan media kartu bilangan juga sangat baik, hal ini dapat ditunjukkan dari data angket, untuk tanggapan positif siswa pada siklus I yaitu 75% dan pada siklus II yaitu 93%.. Saran bagi seorang guru hendaknya selalu kreatif dalam menyampaikan materi dan menyajikan materi dengan suasana yang menyenangkan agar siswa lebih mudah menyerap materi pelajaran. Kata kunci: Kartu bilangan, konsep perkalian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:44
Last Modified: 18 Apr 2016 07:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27150

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo