UMM Institutional Repository

ANALISIS KOMODITI PERTANIAN BAHAN MAKANAN UNGGULAN PADA TINGKAT KECAMATAN DI KABUPATEN LUMAJANG

MAULUDIN, FERI (2013) ANALISIS KOMODITI PERTANIAN BAHAN MAKANAN UNGGULAN PADA TINGKAT KECAMATAN DI KABUPATEN LUMAJANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ferimaulud-32996-1-pendahul-n.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ferimaulud-32996-2-babi.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu: a) Untuk mengetahui seberapabesar pertumbuhan produksi komoditi pertanian bahan makanan pada tingkat kecamatan di Kabupaten Lumajang. b) Untuk mengetahui komoditi sektor pertanian bahan makanan unggulan pada tingkat kecamatan di Kabupaten Lumajang. Bagi pemerintah daerah hasil penelitian ini dapat memberikan informasi dan masukan mengenai subsektor pertanian khusunya komoditi yang menjadi unggulan pada kabupaten tersebut. Dari hasil penelitian dan hasil pembahasan, maka penulis menarik kesimpulan bahwa pola pertumbuhan pertanian di kabupaten Lumajang mengalami peningkatan positif dari tahun 2007-2011, hal ini didasari dari peningkatan rata-rata produksi hasil pertanian diberbagai kecamatan. Pertanian yang paling mendominasi di kabupaten Lumajang ialah pada sektor padi dan jagung, karena disetiap kecamatan terdapat pertanian tersebut. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari hasil penelitian yang telah di lakukan, maka diajukan beberapa saran yaitu diharapkan pemerintah kabupaten Lumajang berusaha untuk meningkatkan kontribusi komiditi pertanian agar bisa memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap sektor pangan regional. Diharapkan pemerintah kabupaten Lumajang dalam hal ini adalah Dinas Pertanian selalu memperhatikan kondisi para petani, yaitu melalui pemberian subsidi harga pupuk sesuai dengan prosedur yang ada serta penetapan harga jual komoditi sektor pertanian yang stabil. Diharapkan melibatkan kerjasama antara pemerintah serta masyarakat setempat khususnya para petani dalam mengembangkan subsektor maupun komoditi unggulan yang dimiliki oleh setiap kecamatan sehingga bisa menjadi sumber pendapatan petani.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics (60201)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:35
Last Modified: 18 Apr 2016 07:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27142

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo