UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE BELAJAR STAD PADA MATERI GEOMETRI KELAS IV DI SDN MUNUNGREJO II LAMONGAN

ASTUTIK, CICIK PUJI (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE BELAJAR STAD PADA MATERI GEOMETRI KELAS IV DI SDN MUNUNGREJO II LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-cicikpujia-33527-1-pendahul-n.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-cicikpujia-33527-2-babi.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan hasil observasi di SDN Munungrejo II yang prestasi dan aktivitas belajarnya masih rendah, hasil dan penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui penerapan metode STAD dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika materi Geometri ( sifat dan jarring-jaring kubus dan balok) pada siswa kelas IV SDN Munungrejo II kecamatan Ngimbang kabupaten Lamongan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan metode STAD. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SDN Munungrejo II siswa kelas IV pada semester 2 tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data yaitu menggunakan lembar observasi aktivitas yang diisi oleh observer. Angket digunakan untuk mengetahui tanggapan guru terhadap proses pembelajaran. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, sedangkan analisis aktivitas belajar siswa dan ketuntasan belajar siswa dalam penelitian ini dilakukan dalam proses, yaitu terdiri dari 3 tahap: Pengolahan data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12 anak yang tuntas pada siklus I dengan KKM individu 63 rata-rata kelas 87.8 dan rata-rata ketuntasan klasikal 57% jauh dari KKM klasikal yang ditentukan Yaitu 75%, maka perlu diadakan perbaikan pada siklus II. Sedangkan pada siklus II nilai rata – rata ketuntasan klasikal 90% dengan nilai rata – rata 80,7 dengan jumlah anak yang tuntas 19 anak. Dari hasil ini bisa disimpulkan bahwa siklus II dinyatakan tuntas. Dengan menggunakan metode STAD dalam pembelajaran Matematika mampu meningkatkan hasil belajar siswa tentang Geometri (sifat dan jarring-jaring kubus dan balok) pada siswa kelas IV SDN Munungrejo II Lamongan. Kata kunci : Metode belajar STAD, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:34
Last Modified: 18 Apr 2016 07:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27141

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo