UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN TULUNGREJO 02 KECAMATAN DONOMULYO KABUPATEN MALANG

Adianti, Dria Candra (2013) PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN TULUNGREJO 02 KECAMATAN DONOMULYO KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-driacandra-33546-1-pendahul-n.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-driacandra-33546-2-babi.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (I) Dr. Endang Poerwanti., M.Pd. (II) Dr.Yuni Pantiwati, M.M, M.Pd. Hasil observasi awal, siswa mengalami permasalahan dalam pembelajaran IPA. Karena pelaksanaan pembelajaran banyak menggunakan metode caramah dan kurang menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran IPA dengan menggunakan media puzzle yang dapat meningkatkan hasil belajar serta untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media puzzle pada siswa kelas III SDN Tulungrejo 02 Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran dapat diketahui dengan pengamatan terhadap 4 aspek, yaitu: (1) kerjasama (2) keaktifan (3) keberanian dan (4) tekun. Berdasarkan hasil tes evaluasi, diketahui rata-rata nilai hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan hasil belajar adalah 64,7% sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 94,10%. Prosentase ini melebihi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian yaitu 70% dengan ketuntasan minimal 70. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penggunaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:26
Last Modified: 18 Apr 2016 07:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27133

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo