UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD

HAYATI, SRI (2013) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-srihayati0-33548-1-pendahul-n.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-srihayati0-33548-2-babi.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Dra. Hari Windu Asrini, M. Si. (II) Dr. Ainur Rofieq, M. Kes. Pembelajaran matematika SD umumnya masih bersifat sebagai menyampaikan informasi tanpa melibatkan siswa untuk membangun sendiri pemahamannya. Berdasarkan hasil studi awal yang dilakukan peneliti, diperoleh data bahwa siswa sudah memahami konsep pecahan namun kurang teliti sehingga banyak kesalahan dalam menghitung hasil akhir sehingga perlu adanya penggunaan media yang menyenangkan serta media yang mampu melatih siswa berfikir cepat, cerdas, kritis, dan efektif. Penelitian ini bertujuan : (1) Mengembangkan media kartu domino untuk peningkatan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan pada kelas V SD, dan (2) Untuk mengetahui keterterapan media kartu domino yang sedang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Pengembangan (Research and Development) dengan tiga tahap. (a) Studi pendahuluan dengan melakukan need assesment dan studi pustaka, (b) Pengembangan draf produk, uji coba ahli, dan uji coba terbatas, dan (c) Validasi dengan melakukan penelitian eksperimen dari produk hipotetik pada sampel dengan kondisi sebenarnya dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan menurut ahli materi dengan persentase total 100% kualifikasi sangat baik, ahli media dengan persentase total 98,6% kualifikasi sangat baik, hasil uji kelompok kecil dengan presentase total 92,3% kualifikasi sangat baik. Media kartu domino ini telah teruji keefektifannya untuk peningkatan kemampuan penjumlahan dan pengurangan dari 53,3 pada nilai pretest dan pada posttest 81,6. Dari uji t dengan menggunakan prosedur paired samples t-test diperoleh nilai P < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media kartu domino untuk peningkatan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan pada kelas V Sekolah Dasar layak dan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran matematika materi pecahan. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut, disarankan bahwa seharusnya semua kelas V SD diberikan metode pembelajaran yang baru. Khususnya menggunakan metode domino untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Sehingga guru dan siswa dapat meningkatkan kualitas belajar dan mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:21
Last Modified: 18 Apr 2016 07:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27127

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo