UMM Institutional Repository

POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS UNDERGROUND DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN ANTAR ORGANISASI (Studi pada Komunitas Underground Ngunut Bangkit dan TSK (Tulungagung Satu Kekuatan)

Saputro, Johan Dwi (2014) POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS UNDERGROUND DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN ANTAR ORGANISASI (Studi pada Komunitas Underground Ngunut Bangkit dan TSK (Tulungagung Satu Kekuatan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-johandwisa-35775-1-pendahul-n.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-johandwisa-35775-2-babi.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai pola komunikasi ini terinspirasi dari sering nampaknya fenomena-fenomena yang sering muncul dalam komunitas Ngunut Bangkit dan TSK, dimana, antara komunitas terkadang muncul ketidak selarasan, kesalahpahaman, atau ketidakkompakan. Namun sisi menariknya adalah, organisasi Ngunut Bangkit dan TSK tersebut tetap dapat mempertahankan keharmonisan antar sesama komunitas underground. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penetrasi sosial. Menurut teori ini, proses hubungan dimana individu-individu bergerak dari komunikasi supervisial menuju komunikasi yang lebih intim secara intelektual dan emosional, dan hingga pada batasan dimana pasangan melakukan aktivitas bersama. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif, dengan adanya penelitian tersebut dapat memberikan pemahaman dan pengertian secara mendalam tentang pola komunikasi antar komunitas Ngunut Bangkit dan TSK dalam membangun hubungan antar organisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi komunitas Ngunut Bangkit dan TSK dalam membangun hubungan antar organisasi adalah melakukan pertukaran informasi melalui pertemuan langsung yang diadakan rutinan satu minggu sekali maupun melalui jejaring face book, tweeter sms, tlp, dan bbm. Selain itu, mengadakan event-event music yang pada akhirnya timbul kekompakan antar komunitas. Untuk mempererat hubungan antara komunitas Ngunut Bangkit dan TSK dengan berkumpul bersama sesepuh komunitas yang selalu memberikan pencerahan dalam bersikap. Hal ini dapat disimpulkan, bahwa pola komunikasi antar komunitas underground dalam membangun hubungan antar organisasi cukup efektif melalui jejaring sosial maupun pertemuan langsung untuk mewujudkan kekompakan antar komunitas underground baik di Tulungagung maupun kota lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 Apr 2016 03:59
Last Modified: 18 Apr 2016 03:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27111

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo