UMM Institutional Repository

KECENDERUNGAN PESAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG KENAIKAN BBM TAHUN 2013 (Analisis Isi Pada Iklan Layanan Masyarakat ”Pengalihan Subsidi BBM Untuk Pembangunan Infrastruktur” Versi Humas Sumberdaya Air)

Septyadi, Rendy Nur (2013) KECENDERUNGAN PESAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG KENAIKAN BBM TAHUN 2013 (Analisis Isi Pada Iklan Layanan Masyarakat ”Pengalihan Subsidi BBM Untuk Pembangunan Infrastruktur” Versi Humas Sumberdaya Air). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rendynurse-33472-1-pendahul-n.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rendynurse-33472-2-babi.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Salah satu program televisi yang dengan jelas mempunyai maksud untuk mempengaruhi pola pikir dan perilaku masyarakat adalah iklan. Kebanyakan iklan yang ditampilkan di televisi adalah iklan yang menawarkan produk baik barang maupun jasa, namun ada juga jenis iklan yang lain seperti iklan layanan masyarakat dan iklan pengumuman. Tidak semua iklan bersifat komersil, seperti iklan layanan masyarakat yang lebih ingin menyampaikan informasi, mempersuasi atau mendidik khalayak yang tujuan akhirnya untuk kepentingan sosial, yang bisa berasal dari sebuah institusi atau lembaga baik pemerintah, swasta, maupun lembaga independent. Tidak semua masyarakat mendapatkan informasi langsung dari pemerintah, disinilah peran media iklan di televisi dinilai sangat perlu untuk menyampaikan informasi program ini kepada masyarakat. Dengan terpaan iklan layanan masyarakat tentang kenaikan BBM tahun 2013 di televisi tersebut diharapkan masyarakat mengetahui pentingnya program ini, dan memberikan tanggapan positif atas program ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Alasan menggunakan analisis isi karena akan diperoleh suatu hasil atau pemahaman terhadap berbagai isi pesan komunikasi yang disampaikan oleh media massa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dalam iklan layanan masyarakat kenaikan BBM versi humas sumberdaya air kecenderungan pesan dalam kategori tema pesan ekonomi ditunjukkan sebanyak 17 shot (34% dari total 49 shot), sedangkan kategori tema kemiskinan sebanyak 8 shot (16%), kategori tema subsidi sebanyak 22 shot (44%). Dalam kategori sasaran pesan masyarakat umum sebanyak 36 shot (72%). Dalam kategori pesan emotional appeals sebanyak 13 shot (36%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa secara umum kecenderungan pesan yang muncul dalam iklan kenaikan BBM adalah banyaknya tema pesan ekonomi, kemiskinan, subsidi dengan sasaran pesan kepada masyarakat umum. Sehingga dengan iklan layanan masyarakat kenaikan BBM ini program-program pemerintah seperti pengalihan subsidi BBM untuk pembangunan infrastruktur yang belum tersosialisasikan kepada masyarakat bisa tersampaikan langsung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 Apr 2016 03:14
Last Modified: 18 Apr 2016 03:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27099

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo