UMM Institutional Repository

REPRESENTASI PEREMPUAN MASA KINI DALAM MEDIA CETAK (ANALISIS FRAMING TABLOID NOVA PADA RUBRIK “PERISTIWA” EDISI BULAN FEBRUARI – APRIL 2013)

Isniardhini, Indhi (2013) REPRESENTASI PEREMPUAN MASA KINI DALAM MEDIA CETAK (ANALISIS FRAMING TABLOID NOVA PADA RUBRIK “PERISTIWA” EDISI BULAN FEBRUARI – APRIL 2013). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-indhiisnia-33464-1-pendahul-n.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-indhiisnia-33464-2-babi.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas etntang kasus-kasus yang sering mencuat terlebih lagi kasus atau peristiwa tentang sosok perempuan pada tabloid NOVA. Perempuan yang sebelumnya dinilai sebagai ikon emas dalam media yang selalu memunculkan daya tari fisik yang menawan, ternyata dibalik itu ada banyak fenomena yang miris karena dari sekian banyak peristiwa ternyata perempuan menjadi korban utamanya. Dibalik sosok perempuan yang menjadi korban, mereka memiliki beberapa sisi yang berbeda dari apa yang dilihat dari segi fisik mereka. Dengan masalah pada latar belakang peneliti yang diangkat bagaimana NOVA pada bulan Februari – April di rubrik “Peristiwa” merepresentasikan sosok perempuan tersebut dalam sebuah pembingkaian analisa. Dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembingkaian suatu peristiwa maupun berita tentang genderisasi terutama dalam merepresentasikan perempuan yang dilakukan tabloid NOVA pada edisi bulan Februari – April 2013. Perempuan merupakan sosok yang memiliki lekuk tubuh yang memiliki banyak arti dan nilai yang berbeda. Ia bahkan menjadi ikon dalam media. Ini dikarenakan untuk mendomprak nilai plus dari media tersebut. Dalam kegiatan jurnalistik peneliti mengambil media cetak sebagai instrumen utamanya. Dan bagaimana media melihat konstruksi realitas perempuan yang terjadi dengan banyaknya fenomena dibalik sosok perempuan di masa kini. Perempuan di masa sekarang yang lebih dilihat sebagai sosok yang elite bahkan berkelas, ternyata di belakang itu semua banyak fenomena yang menimpa perempuan yang justru jauh dari media. Pendekatan penelitiannya menggunakan kualitati dengan tipe deskriptif. Dan pengumpulan datanya terpilih 30 berita. Sedangkan teknik analisa data yaitu analisis Framing Robert N. Entman yaitu menurutnya framing digunakan untuk menggambarkan proses seleksi dan menonjolkan aspek tertentu dari realitas media. Dengan mengusung empat konsepnya : (1) Define Problem, (2) Diagnose Causes, (3) Make Moral Judgement, dan (4) Treatment Recommendation. Dari penyusunan skripsi ini menggambarkan tentang perempuan. Dan dari penelitian ini peneliti menjawab bagaimana kilas hidup perempuan dalam penyajian dalam media. Dan peneliti menggunakan teori Representasi sebagai teori utama. Dan teori Feminisme sebagai penunjang tambahan teori peneliti. Berdasarkan penelitian mengenai representasi perempuan masa kini dalam media dapat disimpulkan bahwa perempuan sebagai berikut : (1) Perempuan pintar dalam dunia bisnis, (2) Perempuan sebagai sosok yang Melek Media, (3) Perempuan sebagai korban kekuasaan laki – laki, (4) Perempuan sebagai sosok yang mudah terpengaruh, (5) Perempuan dilihat dari berbagai sudut pandang dan segi yang berbeda. Dan hasil dari permasalahan yang di dapat oleh peneliti ini dari 30 kasus berita yang dianalisa menggunakan framing Robert N. Entman ini dapat ditarik kesimpulan akhir sebagai berikut: (1) tabloid pada bulan februari secara keseluruhan masih membingkai peristiwa contohnya pada dua kasus diantaranya menggambarkan bahwa perempuan dilindungi oleh HAP dan kasus kedua NOVA berusaha tidak memihak pada sosok manapun, (2) tabloid pada bulan Maret salah satunya pembingkaian yang di ringkas NOVA secara berbeda pada berita 25 perempuan inspiratif, merepresentasikan yang berbeda dari sisi umum perempuan yang di anggap sebagai ibu rumah tangga saja, (3) tabloid pada bulan April masih sama penggambaran perempuan dengan kasus-kasus sebelumnya, tetapi ada beberapa kasus yang mencoba untuk merepresentasikan sosok perempuan yang mudah terpengaruh dalm beberapa hal seperti contoh kasus yang terjadi pada kejahatan seksual via media sosial. Dengan motif di iming-iming sesuatu lalu tergoyahkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 Apr 2016 03:01
Last Modified: 18 Apr 2016 03:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27092

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo