UMM Institutional Repository

PENGARUH TERPAAN ACARA KLIK! ARBAIN RAMBEY DI KOMPAS TV TERHADAP AKTIVITAS MEMPRODUKSI FOTO JURNALISTIK Studi Pada Anggota Persatuan Fotografer Pasuruan (PERFOPAS)

Hakim, Dedy Lukman (2013) PENGARUH TERPAAN ACARA KLIK! ARBAIN RAMBEY DI KOMPAS TV TERHADAP AKTIVITAS MEMPRODUKSI FOTO JURNALISTIK Studi Pada Anggota Persatuan Fotografer Pasuruan (PERFOPAS). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dedylukman-33461-1-pendahul-n.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dedylukman-33461-2-babi.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Pengaruh Terpaan Acara Klik! Arbain Rambey Di Kompas TV Terhadap Aktivitas Memproduksi Foto Jurnalistik, diawali oleh adanya fenomena sebuah komunitas fotografer yang memilih referensi materi berbeda dengan genre fotografi dari dalam komunitas itu sendiri. Bahwa anggota Persatuan Fotografer Pasuruan (PERFOPAS) yang mayoritas 75% adalah wedding photographer dimana pengetahuan tentang foto jurnalistik kurang mereka dalami, tetapi mereka menjadikan program acara Klik! Arbain Rambey yang memiliki nilai-nilai foto jurnalistik sebagai salah satu referensi fotografi yang mereka pelajari. Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui ada tidaknya serta besarnya pengaruh terpaan acara Klik! Arbain Rambey di Kompas TV terhadap aktivitas memproduksi foto jurnalistik anggota PERFOPAS. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya serta seberapa besar pengaruh terpaan acara Klik! Arbain Rambey di Kompas TV terhadap aktivitas memproduksi foto jurnalistik anggota PERFOPAS. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratification. Teori ini menekankan pada pendekatan manusiawi dalam melihat media massa. Artinya, manusia itu mempunyai otonomi, wewenang untuk memperlakukan media. Dalam teori Uses and Gratification ditekankan bahwa audiens aktif untuk menentukan media mana yang harus dipilih untuk memuaskan kebutuhannya. Menurut pendapat teori ini, konsumen media mempunyai kebebasan untuk memutuskan bagaimana (lewat media mana) mereka menggunakan media dan bagaimana media itu akan berdampak pada dirinya. Teori ini juga menyatakan bahwa media dapat mempunyai pengaruh jahat dalam kehidupan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei serta memiliki tipe penelitian assosiatif. Penelitian ini dilakukan di basecamp Persatuan Fotografer Pasuruan, Jl. Kol. Sugiono No. 5 Kel. Trajeng, Kec. Gadingrejo - Pasuruan. Sampel pada penelitian ini adalah anggota Persatuan Fotografer Pasuruan (PERFOPAS) yang diambil dengan teknik total sampling sejumlah 40 orang. Sementara itu, untuk uji validitasnya menggunakan rumus korelasi product moment, uji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach dan uji hipotesisnya menggunakan rumus uji F. Semua uji yang dilakukan dalam pengolahan data menggunakan SPSS versi 21.0 for windows operating system. Hasil penelitian ini terbukti adanya pengaruh yang signifikan antara Terpaan Acara Klik! Arbain Rambey Di Kompas TV terhadap Aktivitas Memproduksi Foto Jurnalistik, dengan nilai Fhitung (50,253) > Ftabel (4,10). Adapun pengaruhnya sebesar 57%. Sehingga dapat dikatakan jika Acara Klik! Arbain Rambey Di Kompas TV menerpa anggota Persatuan Fotografer Pasuruan (PERFOPAS) secara terus menerus akan muncul peningkatan kuantitas Aktivitas Memproduksi Foto Jurnalistik ke arah positif pada anggota PERFOPAS tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 Apr 2016 02:56
Last Modified: 18 Apr 2016 02:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27091

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo