UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MELALUI GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SDN JEDING KECAMATAN SANAN KULON KABUPATEN BLITAR

Hariyani, Lutvi Indah (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MELALUI GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SDN JEDING KECAMATAN SANAN KULON KABUPATEN BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lutviindah-33992-1-pendahul-n.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lutviindah-33992-2-babi.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan observasi yang dilakukan terhadap pembelajaran keliling dan luas bangun datar kelas IV SDN Jeding Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar diketahui dari 12 siswa ada 7 siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Hal ini sebabkan karena pembelajaran yang dilakukan terlalu monoton yaitu dengan memberikan rumus keliling dan luas secara langsung dan meminta siswa untuk menghafalkanya. Hal ini mengakibatkan siswa kesulitan pada saat mengerjakan soal-soal evaluasi. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dilakukan penelitian untuk perbaikan pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model Group Investigation (GI). Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar keliling dan luas bangun dengan menggunakan GI dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitihan dilakukan selama 2 siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jeding yang berjumlah 12 siswa. Data-data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, pedoman wawancara, dan soal evaluasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 72,5% dan mengalami peningkatan sebesar 11% pada siklus II menjadi 83,5%. Sementara itu hasil belajar siswajuga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 58,86 dan meningkat sebesar 13,64 pada siklus II sehingga nilai rata-rata siswa menjadi 72,5.Peningkatan aktivitas belajar siswa yang diikuti dengan peningkatan nilai rata-rata siswa membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan GI sudah berhasil. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus II yaitu 72,5. Nilai tersebut sudah melebihi nilai KKM yang telah ditentukan pihak sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan GI dapat meningkatkan hasil belajar keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV SDN Jeding Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 18 Apr 2016 01:54
Last Modified: 18 Apr 2016 01:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27071

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo