UMM Institutional Repository

ANALISIS KESULITAN DAN KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS TINGGI SDN NGRAYUNG 01 KABUPATEN TRENGGALEK

Adhadiyanti, Fera (2014) ANALISIS KESULITAN DAN KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS TINGGI SDN NGRAYUNG 01 KABUPATEN TRENGGALEK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-feraadhadi-33994-1-pendahul-n.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-feraadhadi-33994-2-bab1.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Kesulitan tersebut diungkapkan dengan melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal ceria matematika. Kesulitan dan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika harus diminimalisir. Hal ini dapat dilakukan apabila guru mengetahui kesalahan kesalahan yang dilakukan siswa serta dilakukan upaya untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan dan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika serta upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di SDN Ngrayung 01 Kabupaten Trenggalek dan subjek yang diteliti adalah siswa kelas tinggi yaitu kelas IV,VdanVI. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, kesulitan siswa kelas tinggi dalam menyelesaikan soal cerita matematika adalah (1) kurang memiliki penguasaan konsep (2) kurang berminat terhadap pelajaran matematika (3) tidak mengerti maksud soal (4) jarang mengerjakan latihan-latihan soal (5) takut bertanya kepada guru jika mengalami kesulitan (6) tidak konsentrasi pada saat guru menerangkan. Sedangkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika meliputi (1) kesalahan dalam perhitungan sebanyak 33% dari kelas IV, 21% dari kelas V, 48% dari kelas VI (2) kesalahan tidak menuliskan kalimat matematika 24% dari kelas IV, 56% dari kelas V (3) pekerjaan tidak tuntas sebanyak 5% dari kelas V dan 5% dari kelas VI (4) kesalahan tidak menuliskan satuan sebanyak 43% dari kelas IV.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 18 Apr 2016 01:49
Last Modified: 18 Apr 2016 01:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27069

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo