UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SDN TULUNGREJO 5 KOTA BATU MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL

AGUSTINA, WAHYU (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SDN TULUNGREJO 5 KOTA BATU MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyuagust-33995-1-pendahul-n.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyuagust-33995-2-babi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, terdapat adanya beberapa kesulitan yang dialami siswa SDN 5 Tulungrejo Kota Batu pada materi menulis petunjuk. Kesulitan yang dialami siswa adalah menyususn kalimat petunjuk melakukan sesuatu. Hal ini terjadi karena belum diterapkannya metode yang tepat dalam pembelajaran menulis petunjuk melakukan sesuatu. Pembelajaran yang dilakukan selama ini kurang menumbuhkan keaktifan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis melalui pendekatan kontekstual dengan mengembangkan 7 komponen CTL yaitu constructivism, inquiry, questioning, learning community, modelling, reflection dan authentic assessment. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan kelas Berdasarkan hasil penelitian melalui pendekatan kontekstual yang dilaksanakan selama 2 siklus, diketahui rata-rata nilai tes hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata nilai tes akhir siswa sebesar 63,9 dan ketuntasan hasil belajar pada siklus I yang dicapai sebesar 57,14% 2. Pada beberapa aspek penilaian kemampuan menulis dapat diketahui siswa sudah dapat menulis kata singkat dan jelas pada tahap cukup, pada penyusunan kalimat sebagian besar siswa masih kurang tepat, keefektifan kalimat yang disusun masih pada tahap cukup, urutan petunjuk belum disusun secara sistematis, petunjuk yang disusun belum menunjukkan kejelasan isi. Hasil pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan yaitu rata-rata nilai yang diperoleh menjadi 75,35 dan ketuntasan belajar pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 92,85%. Pada beberapa aspek penilaian kemampuan menulis siklus II dapat diketahui siswa sudah dapat menuliskan kata singkat dan jelas, pada penyusunan kalimat sudah cukup tepat, keefektifan kalimat yang disusun sudah baik, urutan petunjuk sudah disusun secara sistematis, kejelasan isi sudah cukup jelas. Proses pembelajaran Bahasa Indonesia melalui pendekatan kontekstual dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan sehingga pembelajaran Bahasa Indonesia melalui pendekatan kontekstual dapat dikatakan tuntas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 18 Apr 2016 01:48
Last Modified: 18 Apr 2016 01:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27068

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo