UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA LEMBAR BALIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN TEGALGONDO MALANG

KRISTIANTI, ELITA DWI (2014) PENGGUNAAN MEDIA LEMBAR BALIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN TEGALGONDO MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elitadwikr-33996-1-pendahul-n.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elitadwikr-33996-2-babi.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mengutarakan pendapat dan menjawab pertanyaan dalam pembelajaran IPA. Kemampuan mengutarakan pendapat dan menjawab pertanyaan merupakan kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Metode yang digunakan oleh guru kurang bervariasi. Selain itu, media yang digunakan oleh guru belum dapat menarik perhatian siswa. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran terutama materi organ peredaran darah manusia. Pada tahun ajaran 2012/2013, dari 26 siswa kelas V terdapat 11 siswa (42,3%) yang tuntas dan 15 siswa (57,7%) yang tidak tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan media lembar balik dan mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan media lembar balik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V dengan jumlah 28 siswa SDN Tegalgondo Malang semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi dan teknik tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi, pedoman wawancara, lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media lembar balik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil evaluasi diketahui bahwa pada siklus I siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis mencapai 11,5%, sedangkan pada siklus II siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis mencapai 70,4%. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam penelitian ini sangat signifikan. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya yaitu penempatan media dan strategi yang digunakan oleh guru kurang tepat. Persentase ini melebihi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan dalam penelitian yaitu 70% dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media lembar balik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Tegalgondo Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 18 Apr 2016 01:45
Last Modified: 18 Apr 2016 01:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27067

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo