UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL MAKE A MATCH MATERI PEMERITAH DESA PADA SISWA KELAS IV SDN TALUN 05 KECAMATAN TALUN KABUPATEN BLITAR

NADIROH, DUROTUN (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL MAKE A MATCH MATERI PEMERITAH DESA PADA SISWA KELAS IV SDN TALUN 05 KECAMATAN TALUN KABUPATEN BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-durotunnad-34063-2-babi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-durotunnad-34063-1-pendahul-n.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (I) Dr. Masduki, M.Pd. (II) Erna Yayuk, M.Pd. Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, terdapat kesulitan yang dialami siswa SDN Talun 05 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar pada mata pelajaran PKn materi Pemerintah Desa. Kesulitan yang dimaksudkan adalah: kesulitan memahami materi pemerintah desa. Hal ini dapat dimengerti karena pembelajaran PKn di SD ini cenderung berorientasi pada guru dan serta kurangnya model dalam pembelajaran serta suasana belajar kurang menyenangkan. Hal tersebut berdampak pada hasil beajar siswa belum memenhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sehingga Ketuntasan Klasikal juga belum dapat mencapai ketuntasan minimal. Untuk itu diterapkan suatu model pembelajaran yang aktif dan menyenangkan yaitu Model Make a Match. Dengan pembelajaran tersebut siswa lebih mudah dalam memahami materi serta dapat memecahkan masalah melalui sebuah kartu jawaban dan kartu pertannyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Make a Match serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model make a match untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Talun 05 Kecamatan talun Kabupaten Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada bulan september 2013. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, hasil tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tekhnik analisis data kualitatif diskriptif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan penerapan make a match diperoleh peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 59,85 dengan presentase Ketuntasan Klasikal 56%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 85,37 dengan ketuntasan klasikal 88%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penerapan model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Talun Kecamatan Talun Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 Apr 2016 04:22
Last Modified: 16 Apr 2016 04:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27063

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo