UMM Institutional Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA SDN SIDODADI 04 KECAMATAN LAWANG KABUPATEN MALANG

INDAYANTI, DWI (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA SDN SIDODADI 04 KECAMATAN LAWANG KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiindayan-34064-2-babi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiindayan-34064-1-pendahul-n.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (I) Drs. Wahyu Prihanta, M.Kes. (II) Dr M. Agus Khresno, M.Kes. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesulitan yang dialami oleh siswa dalam proses pembelajaran IPA yang masih kurang berjalan dengan efektif, hal ini dikarenakan terbatasnya media pembelajaran yang digunakan dan model pembelajaran yang diterapkan masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Siswa terlihat pasif dalam proses pembelajaran, pasifnya siswa dapat diketahui dari kurangnya antusias siswa dalam memperhatikan dan mendengarkan penjelasan dari guru serta minimnya keinginan siswa untuk bertanya. sehingga keterampilan murid non kognitif kurang terasah. hal ini berpengaruh terhadap hasil belajar IPA mereka rendah. Pembelajaran model inkuiri terbimbing memiliki 6 tahap yaitu orientasi, identifikasi masalah dan merumuskan masalah, perumusan hipotesis, pengumpulan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan posttest-only control design. Penelitian dilaksanakan di SDN Sidodadi 04 dengan teknik pengambilan sampel dengan teknik random sampling, didapatkan siswa kelas V dengan jumlah 30 anak dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelas eksperimen (15 anak) dan kelompok kontrol (15 anak). Instrumen hasil belajar berupa tes berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar IPA yang diajarkan dengan menggunakan model inkuiri terbimbing lebih tingi dari hasil belajar IPA yang diajarkan dengan metode konvensional. Hasil analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% dan dk= 28, dengan uji prasarat homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, dari hasil perhitungan statistik didapat harga thitung sebesar 2,97 dan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dan dk=28 sebesar 2,048. Maka penelitian ini menunjukkan nilai t hitung > t tabel. Dengan demikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) diterima, Hal ini menunjukkan bahwa bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara rata-rata skor posttest kelompok eksperimen dengan rata-rata skor posttest kelompok kontrol. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan hasil belajar yang lebih baik dari pada metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 Apr 2016 04:18
Last Modified: 16 Apr 2016 04:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27062

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo