UMM Institutional Repository

PERSEPSI DAN SIKAP GURU SEKOLAH DASAR NEGERI TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SE-KECAMATAN KLOJEN KOTA MALANG

JANNAH, MIFTAHUL (2014) PERSEPSI DAN SIKAP GURU SEKOLAH DASAR NEGERI TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SE-KECAMATAN KLOJEN KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-miftahulja-34068-2-bab1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-miftahulja-34068-1-pendahul-n.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (I) Drs. Nur Widodo, M.Kes. (II) Drs. Sudjalil, M.Si. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk menciptakan sebuah peradaban bangsa yang bermartabat, berpengetahuan dan berketerampilan sehingga dapat mencetak generasi bangsa yang madani. Untuk mencapai tujuan nasional pendidikan Indonesia, maka pemerintah membuat beberapa kebijakan. Salah satunya adalah pengembangan kurikulum. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang telah berlangsung selama kurang lebih tujuh tahun dikembangan menjadi Kurikulum baru yang disebut Kuikulum 2013. Kurikulum 2013 diimplementasikan di sekolah dasar dan sekolah menengah pada tanggal 15 Juli 2013. Terdapat beberapa respon positif maupun respon negatif dari berbagai kalangan praktisi pendidikan. Kalangan yang menyatakan setuju berpendapat bahwa Kurikulum 2013 baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan khusunya pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Sedangkan kalangan yang kurang mendukung terhadap pengimplementasian Kurikulum 2013 menyatakan bahwa Kurikulum 2013 masih belum melalui kajian penelitian, dana yang dibutuhkan sangat besar dan kurang siapnya tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi dan sikap guru sekolah dasar negeri yang berada di Kecamatan Klojen Kota Malang terhadap implementasi Kurikulum 2013. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, digunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dan lembar wawancara semi struktur. Angket telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan bantuan komputer menggunakan software SPSS versi 21.0. Data yang diperoleh dianalisa secara manual dan menggunakan bantuan SPSS versi 21.0 untuk mendapatkan frekuensi dan prosentase jawaban responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru tergolong sangat baik melihat besarnya prosentase persepsi kategori sangat setuju yaitu sebesar 17,9% dan kategori setuju sebesar 80,4%. Sikap guru menunjukkan bahwa guru sangat mendukung dengan adanya penerapan Kurikulum 2013 yang dibuktikan dengan hasil prosentase 14,3% pada kategori sangat positif dan 82,1% pada kategori positif. Berdasarkan hasil wawancara, diperoleh hasil tanggapan guru terhadap implementasi Kurikulum 2013 tergolong tinggi dibuktikan dengan hasil prosentase sebesar 97% guru menyatakan setuju. Pemahaman guru mengenai hakikat dan perbedaan kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya tergolong tinggi dibuktikan dengan rata-rata hasil prosentase sebesar 96%. Dan 92% guru menyatakan siap menerapkan Kurikulum 2013. Namun terdapat beberapa kendala dalam menerapkan Kurikulum 2013 pada pembelajaran. Salah satunya adalah guru belum mengetahui bagaimana bentuk alat evaluasi yang nantinya dapat mengukur keberhasilan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 Apr 2016 04:04
Last Modified: 16 Apr 2016 04:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27058

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo