UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI TOKOH SEJARAH HINDU - BUDDHA DAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI MODEL JIGSAW KELAS V SDN PURWANTORO 2 MALANG

ERISANTI, MAIDA (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI TOKOH SEJARAH HINDU - BUDDHA DAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI MODEL JIGSAW KELAS V SDN PURWANTORO 2 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maidaerisa-34070-2-babi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maidaerisa-34070-1-pendahul-n.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Dr. Endang Poerwanti, M.Pd (2) Dr. Ichsan Anshory AM., M.Pd. Penelitian dengan judul “ Penggunaan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Tokoh Sejarah Hindu – Buddha Dan Islam Di Indonesia Kelas V SDN Purwantoro 2 Malang ”, di dasari atas beberapa masalah kongkrit yang terjadi di SDN Purwantoro 2 Malang di antaranya adalah siswa kurang begitu memahami materi yang disampaikan khususnya Ilmu Pengetahuan Sosial, hasil belajar siswa masih dibawah KKM, ketertarikan siswa untuk mempelajari sejarah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial juga kurang, dan pembelajaran yang kurang inovatif yang dilakukan oleh guru kelas. Sehingga prosentase ketuntasan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial hanya mencapai 50% dan KKM yang di tetapkan di sekolah tersebut 70, penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan menggunakan Model Jigsawdalam mata pelajaran IPS kelas V SDN Purwantoro 2 Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Menjelaskan peningkatan hasil belajar IPS kelas V SDN Purwantoro 2 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah 31 siswa kelas V SDN Purwantoro 2 Malang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, Lembar Wawancara, dan Lembar Kerja Siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan kualitatif diskriptif. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus 1 terdapat 48,3%, (Cukup). Sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 87%, (sangat baik). Dari peningkatan hasil ketuntasan belajar siswa tersebut maka dapat disimpulkan bahwa, dengan penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 Apr 2016 03:57
Last Modified: 16 Apr 2016 03:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27056

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo