UMM Institutional Repository

PENGARUH TERPAAN TAYANGAN REALITY SHOW "DUA DUNIA" DI TRANS7 TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN AUDIENCE AKAN HAL-HAL MISTIS ( Study Pada Masyarakat Dinoyo JL. MT. Haryono XI RT 01/ RW 03 Malang )

Hidhayat, Fajar (2013) PENGARUH TERPAAN TAYANGAN REALITY SHOW "DUA DUNIA" DI TRANS7 TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN AUDIENCE AKAN HAL-HAL MISTIS ( Study Pada Masyarakat Dinoyo JL. MT. Haryono XI RT 01/ RW 03 Malang ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fajarhidha-31837-1-pendahul-n.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fajarhidha-31837-2-babi.pdf

Download (750kB) | Preview

Abstract

Reality show "Dua Dunia" adalah tayangan yang mengangkat tentang banyaknya mitos dan budaya klenik yang ada di Indonesia. Tayangan Dua Dunia di Trans7 memiliki cara tersendiri dalam menyajikan sesuatu tayangan agar berbeda dengan tayangan reality show horor lainnya, salah satunya dengan mencari mitos dari satu daerah ke daerah lain untuk mencari informasi dengan adanya mitos di dierah tersebut dan mengunjungi berbagai tempat/lokasi yang memiliki unsur mistis dalam keberadaannya. Dengan adanya tayangan tersebut, masyarakat mulai percaya dengan adanya hal-hal mistis dalam realita ini dan dari situlah dimana sebuah media dapat menimbulkan suatu pengaruh atau efek pada audience. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh tayangan "Dua Dunia" terhadap tingkat kepercayaan audience akan hal-hal mistis dan Seberapa besar pengaruh tayangan "Dua Dunia" terhadap tingkat kepercayaan audience akan hal-hal mistis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penggolongan sosial, dimana dinyatakan bahwa masyarakat yang memiliki sifat-sifat tertentu yang sama akan membentuk sikap yang sama dalam menghadapi rangsangan tertentu. Persamaan dalam orientasi serta sikap akan berpengaruh pula terhadap tanggapan mereka dalam menerima pesan komunikasi. Masyarakat yang memiliki orientasi yang sama akan memiliki isi komunikasi yang sama serta menanggapi isi komunikasi tersebut dengan cara yang sama. Teori penggolongan sosial didasarkan pada teori komunikasi massa. Dan yang kedua adalah Teori Hubungan Sosial Melvin L. DeFleur menunjukkan bahwa hubungan sosial secara informal berperan penting dalam mengubah perilaku seseorang ketika diterpa pesan komunikasi massa. Teori ini menyatakan bahwa dalam menerima pesan-pesan komunikasi yang disampaikan oleh media, orang lebih banyak memperoleh pesan itu melalui hubungan atau kontak dengan orang lain daripada menerima langsung dari mass media. Hubungan sosial yang informal merupakan salah satu variabel yang turut menentukan besarnya pengaruh media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey, dengan tipe penelitian eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah warga Jl. MT. HARYONO XI, RT: 01/RW: 03, Kec.Lowokwaru, Kel. Dinoyo Malang, yang satu bulan terakhir (Februari 2013) menyaksikan tayangan "Dua Dunia" di TRANS7 dengan karakteristik tertentu yang sesuai dengan penelitian ini. Dalam penelitian ini digunakan teknik total sampling dan ditetapkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Bedasarkan data penelitian yang sudah diolah diperoleh hasil penghitungan regresi bahwa variabel Y, tingkat kepercayaan audience akan hal-hal mistis akan meningkat sebesar 0,645 untuk setiap tambahan satu satuan X terpaan tayangan reality show Dua Dunia di Trans7. Hal ini menunjukkan bahwa tayangan reality show Dua Dunia di Trans7 berpengaruh positif terhadap tingkat kepercayaan audiens akan hal-hal mistis. Dengan kata lain jika terpaan tayangan reality show Dua Dunia ditingkatkan maka akan di ikuti pula peningkatan tingkat kepercayaan audiens akan hal-hal mistis. Selain Untuk mengetahui pengaruh terpaan tayangan reality show Dua Dunia di Trans7 siginifikan atau tidak maka dilakukan pengujian dengan F-test. Dari hasil analisis regresi linier diperoleh nilai Fhitung sebesar 35,682, sedangkan Ftabel pada taraf signifikan 0.05 menunjukan nilai sebesar 4,034. Hal tersebut berarti Fhitung lebih besar dari Ftabel sehingga Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti variabel bebas yaitu terpaan tayangan reality show Dua Dunia di Trans7 mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap Tingkat kepercayaan audience akan hal-hal mistis. Berdasarkan pada penghitungan koefisien korelasi yang menunjukkan besarnya hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat R sebesar 0,645, nilai ini menunjukkan bahwa terpaan tayangan reality show Dua Dunia di Trans7 dengan variabel tingkat kepercayaan audiens akan hal-hal mistis termasuk dalam kategori kuat karena berada pada selang 0,60-0,799. koefisien determinasi, dapat diketahui besarnya kontribusi atau pengaruh variabel bebas yaitu terpaan tayangan reality show “Dua Dunia” di Trans 7 terhadap variabel terikat tingkat kepercayaan audience akan hal-hal mistis, R² sebesar 41,6%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 16 Apr 2016 03:32
Last Modified: 16 Apr 2016 03:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27046

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo