UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA KERTAS BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BAGI SISWA KELAS II SDN KEDUNGWANGI I

INKASARI, IPUNG PRAMITA (2014) PENGGUNAAN MEDIA KERTAS BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BAGI SISWA KELAS II SDN KEDUNGWANGI I. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ipungprami-35389-2-babi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ipungprami-35389-1-pendahul-n.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan mendeskripsikan benda disekitar dan menulis puisi anak siswa kelas II SDN Kedungwangi I Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan. Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa siswa merasa kesulitan untuk menuliskan dan menyebutkan ciri-ciri benda disekitar menjadi deskripsi yang padu. Siswa juga selalu mengalami kesulitan dalam penggunaan ejaan, serta kesalahan dalam penggunaan tanda baca yang benar. Hal ini disebabkan karena guru tidak memanfaatkan penggunaan media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam mendeskripsikan benda disekitar dan menulis puisi anak. Pada kenyataannya, guru hanya berpedoman pada buku paket atau buku pedoman siswa saja. Hal ini membuat pelajaran menjadi tidak efektif karena guru kurang mengembangkan imajiinasi dan daya nalar siswa dalam mendeskripsikan benda disekitar dan menulis puisi anak. Oleh sebab itu, diperlukan adanya suatu media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mendeskripsikan benda disekitar dan menulis puisi anak. Media pembelajaran yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut adalah penggunaan media kertas berwarna. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui proses penggunaan media kertas berwarna dalam mendeskripsikan benda disekitar dan menulis puisi anak dan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan benda disekitar dan menulis puisi anak dengan menggunakan media kertas berwarna. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus I dilakukan dalam 2 kali pertemuan dan siklus II dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Siklus I dan siklus II dilakukan dengan fokus pembelajaran adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan benda disekitar dan menulis puisi anak dengan menggunakan media kertas berwarna. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan benda disekitar dan menulis puisi anak dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa secara klasikal bahwa pada siklus I sebesar 48,15% siswa yang tuntas atau mampu dalam mendeskripsikan benda disekitar dan menulis puisi anak dengan baik, sedangkan 51,85% siswa belum mampu dalam mendeskripsikan benda disekitar dan menulis puisi anak dengan baik. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 75,44% siswa sudah tuntas atau sudah mampu dalam mendeskripsikan benda disekitar dan menulis puisi anak dengan baik dan sebesar 24,56% siswa belum mampu dalam mendeskripsikan benda disekitar dan menulis puisi anak dengan baik. Penelitian ini dikatakan berhasil karena presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus II telah melebihi dari kriteria ketuntasan belajar siswa yaitu 70%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 Apr 2016 03:26
Last Modified: 16 Apr 2016 03:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27045

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo