UMM Institutional Repository

MOTIF MAHASISWA MENONTON TAYANGAN RADIO SHOW DI TV ONE ( Studi Pada Mahasiswa Komunikasi Audio Visual Angkatan 2009 Universitas Muhammadiyah Malang )

Susanto, Irfan Dwi (2013) MOTIF MAHASISWA MENONTON TAYANGAN RADIO SHOW DI TV ONE ( Studi Pada Mahasiswa Komunikasi Audio Visual Angkatan 2009 Universitas Muhammadiyah Malang ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-irfandwisu-31899-1-pendahul-n.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-irfandwisu-31899-2-babi.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Perkembangan media massa dalam dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Dan diantaranya adalah media Televisi yang dianggap mampu menggabungkan suara, gambar dan tulisan dalam satu kesatuan sehingga Televisi media yang sudah tidak dapat dipisahkan dari masyarakat. karena memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sebuah informasi dan bersifat menghibur. Salah satunya penghibur masyarakat acara segmen musik, dengan banyaknya acara musik yang bermunculan maka penulis ingin mengadakan penelitian dengan judul “Motif Mahasiswa Menonton Tayangan Radio Show.” Sebagai salah satu media menghibur,TV One berusaha menyajikan tayangan variety show yang di tayangkan jam pada jam 23:00 – 01:00 WIB dan di dalamnya berisi hiburan musik dan Talk Show, acara ini akan di jadikan sebagai media informasi dan hiburan bagi para pencita musik yang dikemas semenarik mungkin. acara variety show ini bukan hanya memberikan seputar informasi dan hiburan tentang musik dan talk show saja, acara ini dibuat oleh Tv One untuk mengikat rasa solidaritas dan kepekaan sosial terhadap sesama pencinta musik melalui salah satu acara yang bertajuk Radio Show. Penelitian ini menggunakan kajian teori Uses And Gratification atau Teori kegunaan dan kepuasan. Maksudnya kita dapat memahami interaksi orang dengan media melalui pemanfaatan media oleh orang itu (uses) dan kepuasan yang diperoleh (gratification). Gratifikasi yang sifatnya umum antara lain pelarian dari rasa khawatir, peredaan rasa kesepian, dukungan emosional, perolehan informasi, dan kontak sosial. peneliti menggunakan jenis-jenis motif Kognitif Yaitu motif kebutuhan informasi. Motif Afektif Yaitu motif yang berhubungan dengan estetis, menyenangkan dan emosional. Motif Integrasi Sosial Yaitu kebutuhan yang berkaitan dengan peneguhan kontak dengan keluarga, teman, dan dunia. Motif Integrasi Personal Yaitu kebutuhan yang berkaitan dengan peneguhan kredibilitas, kepercayaan, stabilitas, dan status individu. hasrat akan harga diri. Metode penelitian ini berpendekatan yang dipakai yaitu pendekatan kuantitatif. jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey untuk mengetahui motif apa yang mendorong mahasiswa untuk menonton tayangan Radio Show. Penelitian Survey yaitu merupakan penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil tetapi data yang dipelajari data sampel yang diambil dari populasi. . Dalam penelitian ini dilakukan penjaringan populasi untuk menentukan jumlah sampel penelitian. populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu mahasiswa ilmu komunikasi jurusan audio visual angkatan 2009 UMM dan menonton tayangan radio show tv one dengan sampel sejumlah 60 orang. Dan teknik yang digunakan adalah total sampling. teknik pengumpulan data kuesioner dan dokumentasi. Teknik anaisis data kuantitatif deskriptif. Teknik pengolahan analisis data yaitu menggunakan statistik deskriptif tendensi sentral dengan bentuk mean. Tendensi sentral merupakan cara yang bertujuan untuk mendapatkan ciri khas dari bilangan tersebut. skala mengunakan skala likert ara untuk membedakan antara kategori dalam suatu variable. Dari hasil penelitian yang didapat yaitu mahasiswa menonton tayangan Radio Show karena didorong oleh motif kongnitif dengan nilai rata-ratanya adalah 2,75. Itu berarti nilai rata-rata dari motif kognitif memperoleh nilai Paling Tinggi diantara motif lainnya dan Mahasiswa menonton tayangan Radio Show karena didorong oleh motif afektif dengan nilai rata-rata 2,60. Itu berarti nilai rata-rata dari motif afektif atau motif pelepas ketegangan memperoleh nilai Sedang Mahasiswa menonton tayangan Radio Show karena didorong oleh motif integratif sosial dengan nilai rata-rata 2,32. di bawah rata-rata. Itu berarti nilai rata-rata dari motif integrasi sosial memperoleh nilai Paling Rendah mahasiswa menonton tayangan Radio Show karena didorong oleh motif integratif personal dengan nilai rata-rata adalah 2,46. Itu berarti nilai rata-rata dari motif integrasi personal memperoleh nilai Sedang. Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa nilai paling tinggi dan memberikan dorongan yang sangat kuat adalah motif kognitif dengan nilai rata-rata 2,75 dan nilai paling tinggi Dengan begitu motif mahasiswa menonton tayangn Radio Show adalah untuk memperoleh informasi karena di pengaruhi oleh faktor dari obrolan-obrolan usaha mandiri mahasiswa, cuplikan video update news, model pakaian yang sedang tren, aksesoris yang sedang trend, kepribadian dan gaya hidup muisi, perjalanan karir musisi legendaris atau band-band indi, tempat kota mana band-band atau musisi- musisi itu berasal, penampilan band idola akan tampil selanjutnya, bertukar informasi/cerita dengan orang lain,dan mengetahui jenis-jenis aliran musik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 16 Apr 2016 02:42
Last Modified: 16 Apr 2016 02:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27032

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo