UMM Institutional Repository

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP TAYANGAN INDONESIA LAWYERS CLUB DI TV ONE (Studi pada Organisasi Jurnalistik Fotografi Club UMM)

Junaidy, Arif (2013) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP TAYANGAN INDONESIA LAWYERS CLUB DI TV ONE (Studi pada Organisasi Jurnalistik Fotografi Club UMM). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arifjunaid-32037-1-pendahul-n.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arifjunaid-32037-2-babi.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Talk show Program Indonesia Lawyers Club, sebuah program talk show yang dikemas secara interaktif dan apik untuk memberikan pembelajaran hukum bagi para pemirsanya, selalu menghadirkan narasumber-narasumber utama dan melihat sebuah isu dari berbagai perspektif. Program ini awalnya hadir dengan nama Jakarta Lawyers Club (JLC). Mengusung format yang sama dengan JLC, sekarang berubah nama menjadi Indonesia Lawyers Club (ILC); program ini memiliki salah satu kekuatan utama yang terletak pada Karni Ilyas sebagai pembawa acara sekaligus wartawan senior yang memiliki latar belakang sebagai sarjana hukum dan didukung oleh para narasumber dengan bebas akan menceritakan kejadian demi kejadian dari sebuah isu yang sedang hangat diperbincangkan di masyarakat dan menghasilkan diskusi terbuka ini menjadi salah satu program yang digemari masyarakat Indonesia. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Stimulus-Organism-Response (SOR) yaitu organisme menghasilkan perilaku tertentu jika ada kondisi stimulus tertentu. Menurut teori ini, efek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus terhadap stimulus khusus, sehingga seseorang dapat mengharapkan dan memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikan. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif, dengan adanya penelitian tersebut dapat memberikan pemahaman dan pengertian secara mendalam tentang persepsi mahasiswa terhadap tayangan Indonesia Lawyers Club (ILC) di tvOne, sedangkan perspektif yang digunakan adalah bahwa data yang dikumpulkan diupayakan untuk dideskripsikan berdasarkan ungkapan, bahasa, cara berpikir dan pandangan subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi menonton responden terhadap program Indonesia Lawyers Club (ILC) di tvOne dapat dilihat sudah baik. Sebagian besar responden menyatakan sangat informatif dengan program ILC di tvOne yang dinilai baik; dari aspek persepsi ILC di tvOne seperti kemasan, presenter, tema tayangan, penayangan, dan narasi. Hanya aspek penayangan etika perdebatan yang dinilai responden kurang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 16 Apr 2016 02:25
Last Modified: 16 Apr 2016 02:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27027

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo