UMM Institutional Repository

PEMAKNAAN PENONTON TENTANG PROGRAM ACARA TALKSHOW "KICK ANDY" DI METROTV (Studi Resepsi pada Mahasiswa UMM Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2007)

YANTI, MAWIT NOVI (2013) PEMAKNAAN PENONTON TENTANG PROGRAM ACARA TALKSHOW "KICK ANDY" DI METROTV (Studi Resepsi pada Mahasiswa UMM Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2007). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mawitnoviy-32040-1-pendahul-n.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mawitnoviy-32040-2-babi.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

"Kick Andy" adalah program acara talkshow yang ditayangkan oleh MetroTV. "Kick Andy" dapat merebut khalayak televisi karena program ini mengangkat banyak kisah hidup manusia yang kadang sulit dipercaya benar-benar terjadi di sekitar kita. Berbeda dengan program-program televisi lain, yang lebih mengedepankan akal. "Kick Andy" disini mengajak kita menonton dengan hati agar mampu membuat penonton termotivasi, terinspirasi, dan mensyukuri hidup yang sudah diberikan Tuhan. Kisah-kisah yang dihadirkan juga dapat membuat khalayak mampu bangkit dari rasa putus asa dan menatap hidup dengan optimis. "Kick Andy" juga memberikan tontonan humanis dengan cara yang sangat berbeda. Dalam dialog setiap episodenya merupakan perbincangan serius tentang beragam sendi kehidupan. Melalui inspirasi dan teladan yang ditampilkan oleh para narasumbernya, "Kick Andy" menggali satu tema dan menggugah kepedulian masyarakat tanpa memberikan kesan menggurui.Sebagai teks televisi, "Kick Andy" dimaknai secara berbeda-beda oleh khalayak televisi. Lalu bagaimana pemaknaan Mahasiswa Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang sebagai khalayak dari acara talkshow "Kick Andy" ? Teori yang digunakan adalah Reception theory, yaitu sebuah alternatif untuk penelitian khalayak mengintepretasikan makna, yang mengambil sudut pandang audience, bukan media pengirim pesan dan melihat langsung faktor pengaruhyang dimiliki khalayak pada penggunaan media dan penafsiran makna dari seluruh pengalaman seperti yang terlihat oleh penerima pesan (Mc Quail, 2000:52). Pemahaman selalu berasal dari posisi dan sudut pandang orang yang memahami, yang tidak hanya melibatkan reproduksi makna namun juga produksi makna oleh khalayaknya. Teks bisa menstrukturkan aspek makna dengan memandu khalayak, namun dia tidak dapat memapankan makna, yang merupakan hasil dari interaksi antar teks dengan imajinasi. Khalayak/audien merupakan pencipta aktif makna dalam kaitannya dengan teks (Barker, 2005: 34). Pemahaman dipengaruhi oleh sejumlah faktor, antara lain, ras, kebangsaan, etnis, latar belakang sosial, pendidikan dan lain-lain. Adanya pengaruh-pengaruh ini mengakibatkan adanya makna yang beragam dalam rangkaian-rangkaian gambar dan pesan di televisi, tergantung pada individu-individu khalayak. Pemaknaan yang berbeda oleh khalayak terhadap teks media, menandakan bahwa terdapat kekayaan makna yang dikandung oleh sebuah teks. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode studi resepsi, yang memfokuskan pada teks media dan pemaknaan yang dilakukan oleh khalayak. Teks media dipandang sebagai pesan yang polisemik, terbuka terhadap berbagai kemungkinan penonton, dan khalayak dipandang sebagai produsen makna. Mereka memaknai dan mengintepretasi teks media sesuai dengan kondisi sosial dan keadaan budaya mereka dan juga dipengaruhi oleh pengalaman pribadi mereka, Bisa sejalan dengan maksud teks media, namun bisa juga berlawanan. Adapun unit analisis dalam penelitian ini mempunyai karakteristik Mahasiswa Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang yang berkonsentrasi dibidang audio visual, jurnalistik dan public relation yang menggemari dan mempunyai pengalaman terhadap acara talkshow "Kick Andy". Dengan menggunakan teknik purposive sampling maka ditetapkan lima orang sebagai subyek dalam penelitian ini. Hasil penelitian yang dilakukan kepada subyek dapat diketahui dalam mengungkapkan makna dari acara talkshow "Kick Andy" di MetroTV, sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam diri subyek seperti pemahaman/pengetahuannya terhadap teks, sejarah/pengalaman yang dialami hingga isu ekonomi dan politik sekalipun yang diketahui. Dengan salah satu contoh subyek yang bernama Muhammad Fuad yang mempunyai pengalaman menonton acara "Kick Andy" secara Live. Dari faktor-faktor itulah turut mempengaruhi bagaimana mereka memaknai atau meresepsi teks media. Setiap pembahasan yang berhubungan dengan teks media, subyek dapat membawa kompetensi tersebut untuk menciptakan makna. Maka makna yang dihasilkan dari subyek penelitian adalah termasuk khalayak yang memaknai pada posisi dominan hegemonic yang sejalan dengan (preffered reading) makna yang dimaksudkan media. Menghasilkan makna tentang acara talkshow Kick Andy sebagai acara yang inspiratif, mendidik, edukatif dan kritik social.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 16 Apr 2016 02:13
Last Modified: 12 Mar 2018 02:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27024

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo