UMM Institutional Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS PERMULAAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PERMAINAN PUZZLE PADA SISWA KELAS 2 SDN SUDIMOROHARJO 5 NGANJUK

ARDHIYAN, FARID DWI NUR (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS PERMULAAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PERMAINAN PUZZLE PADA SISWA KELAS 2 SDN SUDIMOROHARJO 5 NGANJUK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fariddwinu-31980-1-pendahul-n.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fariddwinu-31980-2-babi.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Ardhiyan, Farid Dwi Nur. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Permulaan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Permainan Puzzle Pada Siswa Kelas 2 SDN Sudimoroharjo 5 Nganjuk. Skripsi, Pendidikan Guru sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang. Pembimbing: (I) Rina Wahyu S., S.Pd., M.Ed., (II) Dra. Daroe Iswatiningsih, M.Si. Kata kunci : permainan puzzle, menulis permulaan, peningkatan hasil belajar. Menulis adalah salah satu aspek dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang paling kompleks untuk dipelajari. Pada tingkat SD kelas II, materi untuk aspek menulis adalah menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda disekitar siswa. Kegiatan tersebut menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran agar siswa mampu mengembangkan kreatifitas dan ide dalam menulis. Untuk mencapai hal itu, guru harus lebih inovatif dalam menyampaikan pembelajaran agar tercapai tujuan dari pembelajaran tersebut. Salah satu cara adalah dengan menggunakan permainan puzzle sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan racangan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dengan prosedur pelaksanaan dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Peneliti dalam pelaksanaan tindakan adalah sebagai pelaksana tindakan, sedangkan guru kelas dan teman sejawat bertindak sebagai observer dalam pelaksanaan PTK yang dilakukan peneliti. Subyek penelitian tindakan siswa kelas 2 SDN Sudimoroharjo 5 berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis permulaan. Pada siklus 1 sebanyak 14 siswa atau 63,64% siswa mencapai tingkat ketuntasan. Pada siklus 2 sebanyak 18 siswa mencapai ketuntasan dengan prosentase 81,82%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media puzzle di SDN Sudimoroharjo 5 dapat menciptakan pembelajaran yang menarik dan nyaman yang dapat meningkatkan keaktifan siswa, (2) adaya peningkatan kemampuan siswa terbukti dari hasil siklus 1 dan pada sikus 2.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 15 Apr 2016 11:50
Last Modified: 15 Apr 2016 11:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27010

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo