UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS V SDN MOJOLANGU III KOTA MALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ANGGRAENY, AISYAH (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS V SDN MOJOLANGU III KOTA MALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aisyahangg-34540-1-pendahul-n.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aisyahangg-34540-2-babi.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (I) Dr. Ichsan Anshory AM., M.Pd (II) Dr. Sugiarti, M.Si. Penelitian ini diawali dari observasi awal, yakni hasil belajar Matematika kelas V SDN Mojolangu III Kota Malang yang rendah. Hal ini dapat disebabkan karena kurangnya inovasi dalam pembelajaran yang bersifat ceramah / guru menerangkan sehingga menimbulkan siswa jenuh dan malas selain itu di saat pemberian tugas secara berkala serta pembentukan kelompok besar yang monoton. Salah satu upaya pemecahan masalah tersebut dengan membuat inovasi salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Dengan pokok bahasan penerapan model Think Pair Share (TPS) pada pelajaran matematika dan peningkatan hasil belajar matematika setelah menggunakan model Think Pair Share (TPS). Yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V khususnya dalam pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS). Untuk mencapai tujuan tersebut model Think Pair Share (TPS) digunakan mulai dari bekerja sendiri-sendiri / individu sampai berdiskusi dengan teman sebangku saja serta berbagi hasil dengan teman satu kelas. Digunakan juga penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Dengan langkah-langkah penelitiannya yaitu identifikasi masalah perencanaan tindakan, pengumpulan data, serta analisis data yang semuanya dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan satu pertemuan dengan fokus pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan siswa terhadap mata pelajaran matematika materi mengubah pecahan ke bentuk persen dan sebaliknya. Siklus kedua dilakukan satu pertemuan juga dengan fokus permasalahan pengetahuan matematika materi mengubah pacahan ke bentuk desimal dan sebaliknya. Selanjutnya soal hasil belajar digunakan untuk memantau perkembangan pengetahuan siswa dari tes awal sampai tes akhir tindakan. Berdasarkan hasil tes pembelajaran baik siklus I maupun siklus II, diketahui rata-rata nilai tes hasil belajar mengalami peningkatan. Pada rata-rata nilai tes akhir siklus I sebesar 51,3, dan kemudian rata-rata nilai pada tes akhir siklus II sebesar 92,31. Selain itu diketahui pula, bahwa ketuntasan hasil belajar pada siklus I dan II mengalami peningkatan dari 26% menjadi 97%, hal ini melebihi kriteria keberhasilan yaitu 70%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 15 Apr 2016 10:30
Last Modified: 15 Apr 2016 10:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27005

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo