UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SDN WONOSALAM I JOMBANG

Ati, Nila Wahyu Mayaning (2014) PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SDN WONOSALAM I JOMBANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nilawahyum-34547-1-pendahul-n.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nilawahyum-34547-2-babi.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (I) Dra. Elly Purwanti, M.P. (II) Dyah Worowirastri. E., M.Pd. Latar belakang pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) ini teridentifikasi dari hasil observasi awal, siswa mengalami permasalahan terhadap pembelajaran IPA. Akar permasalahan ini berwal dari: pelaksanaan pembelajaran yang masih berpusat pada guru, metode yang digunakan diantaranya caramah dan penugasan. Selain itu media pembelajaran yang digunakan masih terbatas pada buku paket dan LKS. Sehingga siswa kurang tertarik pada materi yang disajikan. Dalam penelitian ini menuangkan 2 rumusan masalah yaitu: (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan media mind map untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Wonosalam I Jombang, dan (2) bagaimana peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan media mind map pada siswa kelas V SDN Wonosalam I Jombang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan media mind map untuk meningkatkan hasil belajar serta untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan media mind map pada siswa kelas V SDN Wonosalam I Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media mind map dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada proses pembelajaran dapat diketahui dengan pengamatan terhadap 4 aspek, yaitu: (1) kerjasama (2) keaktifan (3) keberanian dan (4) tekun. Berdasarkan hasil tes evaluasi, diketahui rata-rata nilai hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan hasil belajar adalah 65% sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 84%. Prosentase ini melebihi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian yaitu 70% dengan ketuntasan minimal 72. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penggunaan media mind map dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 15 Apr 2016 10:14
Last Modified: 15 Apr 2016 10:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26997

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo