UMM Institutional Repository

Penggunaan Model Pembelajaran “Think Pair Share (TPS)” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Matematika Siswa Kelas III SDN Jedong 3 Wagir Malang

Kholishoh, Amin Binti (2014) Penggunaan Model Pembelajaran “Think Pair Share (TPS)” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Matematika Siswa Kelas III SDN Jedong 3 Wagir Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aminbintik-34551-1-pendahul-n.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aminbintik-34551-2-babi.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (I) Dr. Endang Poerwanti, M.Pd. (II) Dr. Sri Hartiningsih, M.M Masalah yang dihadapi oleh guru kelas III Di SDN Jedong 3 Malang adalah rendahnya hasil belajar Matematika materi operasi hitung campuran dengan persentase ketuntasan Tahun ajaran 2010/2011, persentase jumlah siswa yang sudah tuntas hanya sebesar 61% dan jumlah siswa yang belum tuntas sebesar 39%, sedangkan menurut ketentuan sekolah kondisi idealnya 70% dari jumlah siswa yang memiliki ketuntasan belajar dengan KKM adalah 65, sedangkan pada tahun 2011/2012 jumlah siswa yang tuntas sebesar 50% dan yang belum tuntas sebesar 50%. Salah satu penyebab kondisi tersebut adalah kurang diperhatikannya penggunaan model pembelajaran yang mendukung untuk penyampaian materi sehingga siswa merasa jenuh ketika belajar. Untuk itu penulis beserta guru kelas ingin meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share Masalah yang akan diteliti adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar terhadap materi operasi hitung campuran siswa kelas III SDN Jedong 3 Malang? dan apakah penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar terhadap materi operasi hitung campuran siswa kelas III SDN Jedong 3 Malang? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (Action Research) yaitu salah satu strategi penyelesaian masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dan proses kemampuan mendeteksi dan menyelesaikan masalah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemis dan Mc Taggart. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi operasi hitung campuran diketahui rata-rata nilai hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 61% sedangkan pada siklus ke II hasil belajar siswa mencapai 79%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi operasi hitung campuran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 15 Apr 2016 10:08
Last Modified: 15 Apr 2016 10:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26993

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo