UMM Institutional Repository

Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Materi Benda Dengan Metode Eksperimen Terbimbing Pada Siswa Kelas IV SDN Polehan 2 Malang

HARYANTO, AAN (2013) Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Materi Benda Dengan Metode Eksperimen Terbimbing Pada Siswa Kelas IV SDN Polehan 2 Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yulinwidya-31918-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yulinwidya-31918-2-babi.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Penelitian berjudul “Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA materi benda dengan metode eksperimen terbimbing pada siswa kelas IV SDN Polehan 2 Malang”. Pemilihan judul ini berdasarkan atas pengalaman di lapangan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Polehan 2 Malang nilai rata-rata 59% dan tingkat ketuntasan kelas 63%. Kenyataan ini menunjukkan masih rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap pelajaran IPA materi benda disebabkan dalam pembelajaran guru kurang bervariasi dalam penggunaan metode, guru juga hanya menggunakan media cetak sehingga tidak menarik perhatian siswa dan menyebabkan siswa kurang turut aktif dalam pembelajaran hal itu dilihat dari sikap siswa pada waktu pembelajaran. siswa kurang turut aktif dalam pembelajaran, siswa berbicara dengan teman sebangku pada saat guru menjelaskan materi.ketika guru mengajukan pertanyaan siswa tidak bisa menjawab, dan pada waktudiberi kesempatan bertanya tidak ada yang mengajukan pertanyaan. Berdasrkan pengalaman dilapangan tersebut maka guru mencari metode yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut dan ditemukan metode yang dianggap tepat untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan metode eksperimen terbimbing. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakan penerapan metode eksperimen terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi benda siswa kelas IV SDN Polehan 2 Malang? Penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Penelitian ini ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, refleksi dan perbaikan rencana. Tindakan dalam setiap siklus tersusun dalam beberapa tahap diantaranya (1) tahap menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa (2) mendemonstrasikan media (3) mengelompokkan siswa (4) membimbing kelompok bekerja (5) mengevaluasi hasil kelompok siswa dan (6) menyampaikan dan menutup pelajaran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Polehan 2 Malang dengan jumlah siswa 38 anak yang terdiri dari 20 siswa putra dan 18 siswa putri Simpulan yang dapat diambil adalah penerapan ekperimen terbimbing terdapat beberapa langkah yaitu (1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa (2) mendemonstrasikan media (3) mengelompokkan siswa menjadi 9 kelompok yang beranggotakan 4 siswa yang terdiri dari 2 laki-laki dan 2 perempuan (4) berkeliling untuk membimbing kelompok kerja (5) mengevaluasi hasil kerja kelompok (6) menyampaikan dan menutup pelajaran. Penerapan eksperimen terbimbing dapat meningkatkan keaktifan hal tersebut dapat diketahui dari perolehan observasi keaktifan siswa pada tiap siklus

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 15 Apr 2016 09:42
Last Modified: 15 Apr 2016 09:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26976

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo