UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) MELALUI PERMAINAN MATHEMATIC CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN PADA SISWA KELAS 3 SDN PURWANTORO I MALANG

FAUZI, (2013) PENERAPAN MODEL TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) MELALUI PERMAINAN MATHEMATIC CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN PADA SISWA KELAS 3 SDN PURWANTORO I MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yulinwidya-31918-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yulinwidya-31918-2-babi.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa pemahaman dan hasil belajar materi perkalian masih rendah. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan adalah 75, sedangkan jumlah siswa yang sudah tuntas sebesar 70 % dan yang belum tuntas sebesar 30%, Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model TAI melalui permainan mathematic card dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) melalui permaian mathemai ccard pada materi operasi hitung perkalian. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemis dan Mc Taggart. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Hasil penerapan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) terhadap materi perkalian siswa kelas III SDN Purwantoro I Malang cukup efektif juga menambahkan pola kompetisi dalam meningkatkan semangat siswa dalam belajar. Sedangkan hasil belajarnya menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model TAI melalui permainan mathematic card lebih meningkat, diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 76.43, ketuntasan klasikal 68%, pada siklus II nilai rata-rata 85.30 dengan ketuntasan klasikal 89%. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan hasil belajar perkalian, siswa kelas III SDN Purwantoro I Malang dengan menggunakan “model TAI melalui permainan mathematic card”. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu, model TAI melalui permaianan mathematic card baik digunakan untuk proses pembelajran pada materi perkalian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 15 Apr 2016 09:33
Last Modified: 15 Apr 2016 09:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26971

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo