UMM Institutional Repository

PENERAPAN PENGGABUNGAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN RESAPOMBO 1 DOKO BLITAR

Cahyani, Rinda Dwi (2013) PENERAPAN PENGGABUNGAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN RESAPOMBO 1 DOKO BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rindadwica-31921-1-pendahul-n.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rindadwica-31921-2-babi.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul Penerapan Penggabungan Metode Think Pair Share dan Talking stick untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Resapombo 1 Doko Blitar bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penerapan penggabungan metode think pair share dan talking stick pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN Resapombo 1 Doko Blitar. 2) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Resapombo 1 Doko Blitar dengan menerapkan penggabungan metode pembelajaran think pair share dan talking stick. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah model siklus Kemmis & Taggart. Model ini menggunakan tindakan dari siklus satu ke siklus berikutnya dengan menggunakan tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Resapombo 1 Doko Blitar. Jumlah keseluruhan siswa kelas IV SDN Resapombo 1 Blitar berjumlah 36 siswa Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan penggabungan metode pembelajaran think pair share dan talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas siswa pada siklus I yaitu pertemuan 1 67% meningkat menjadi 79% pada pertemuan 2 dan meningkat menjadi 81% pada pertemuan 3. Pada siklus II rata-rata keseluruhan aktivitas siswa pertemuan 1 sebesar 84% meningkat menjadi 93% pada siklus II dan meningkat menjadi 94% pada pertemuan 3. Sedangkan hasil belajar siklus I siswa yang tuntas sebesar 55,5% yaitu 20 siswa meningkat menjadi 86% yaitu 31 siswa pada siklus II. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penggabungan metode pembelajaran think pair share dan talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi operasi perkalian dan pembagian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 15 Apr 2016 09:23
Last Modified: 15 Apr 2016 09:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26967

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo