UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS III SDN 4 BALONGGEBANG KECAMATAN GONDANG KABUPATEN NGANJUK

Anggrahini, Fitri (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS III SDN 4 BALONGGEBANG KECAMATAN GONDANG KABUPATEN NGANJUK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-susitasiya-31923-1-pendahul-n.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-susitasiya-31923-2-babi.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali berupa hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa adanya kesulitan yang dialami siswa kelas III SDN 4 Balonggebang Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk pada materi menulis puisi. Kesulitan yang dimaksudkan adalah menulis puisi dengan pilihan kata yang baik. Peserta didik cenderung membaca buku paket dan mengisi tugas yang ada pada buku paket sehingga peserta didik kurang menguasai konsep pembelajaran, untuk itu perlu adanya media yang dapat menunjang kreatifitas siswa. Penerapan media gambar berseri diharapkan mampu menunjang kreatifitas siswa dalam mengembangkan ide menulis puisi, dengan demikian peserta didik dapat menguasai konsep dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran serta mengetahui hasil peningkatan kemampuan menulis puisi melalui media gambar berseri siswa kelas III SDN 4 Balonggebang Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai bulan November 2012. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan berupa hasil puisi yang dibuat oleh siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media gambar berseri merupakan salah satu alternatif tindakan yang dapat membuat siswa lebih antusias dan memudahkan siswa dalam memahami pelajaran yang disampaikan. Siswa merasa tertarik, hal ini terbukti pada saat pembelajaran berlangsung banyak siswa yang berani mengungkapkan pendapatnya sehingga pembelajaran terlihat lebih kondusif. Selain itu media gambar berseri juga terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi, hal tersebut diketahui dari hasil siklus I nilai rata-rata menulis puisi siswa kelas III SDN 4 Balonggebang, Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk adalah 60 dengan prosentase ketuntasan klasikal 49%. Pada siklus II nilai rata-rata menulis puisi siswa kelas III SDN 4 Balonggebang, Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk adalah 67 dengan prosentase ketuntasan 92%, dan telah mencapai kreteria ketuntasan belajar yaitu sangat baik. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas III SDN 4 Balonggebang Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis puisi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 15 Apr 2016 09:21
Last Modified: 15 Apr 2016 09:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26966

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo