UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI HUBUNGAN PENAMPAKAN ALAM DENGAN KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (Student Team – Achievment Division ) SDN SUKOMULYO 4 KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG

ADI, ARIF SETYO (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI HUBUNGAN PENAMPAKAN ALAM DENGAN KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (Student Team – Achievment Division ) SDN SUKOMULYO 4 KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arifsetyoa-31945-1-pendahul-n.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arifsetyoa-31945-2-babi.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: 1. Drs Budiono, M.Si, 2. Bustanol Arifin M.Pd Masalah yang dihadapi oleh guru kelas IV SDN Sukomulyo 04 adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi hubungan kenampakan alam dengan keragaman sosial budaya terlihat hasil belajar siswa mencapai 30% yang tuntas belajar. Hal tersebut terjadi diantaranya karena: (1) model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tidak bervariasi; (2) pola interaksi belajar tidak berpusat pada peserta didik; (3) pembelajaran yang diciptakan oleh guru kurang meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu penulis beserta guru kelas ingin meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model kooperatif tipe STAD. Model kooperatif tipe STAD adalah model pembelajaran yang menekankan pencapaian siswa dalam sebuah kelompok dimana siswa bersaing untuk sebuah pencapaian hasil belajar secara individu untuk prestasi keberhasilan kelompok belajarnya. Rumusan masalah pada Penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) bagaimana penggunaan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar (2) bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan model kooperatif tipe STAD. Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPS dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD, (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sukomulyo 4. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan penelitian yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdapat 2 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sukomulyo 04 Pujon-Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2013 semester ganjil tahun ajaran 2012-2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terbukti dalam setiap siklus pembelajaran hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I 30%. dan pada siklus II hasil belajar siswa menjadi 85% meningkat hingga 55% dari siklus I.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 15 Apr 2016 08:44
Last Modified: 15 Apr 2016 08:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26948

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo