UMM Institutional Repository

ANALISIS STRUKTUR EKONOMI DI WILAYAH KORIDOR UTARA SELATAN DAN KORIDOR UTARA PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2007-2011

Setiawan, Deni Bagus (2013) ANALISIS STRUKTUR EKONOMI DI WILAYAH KORIDOR UTARA SELATAN DAN KORIDOR UTARA PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2007-2011. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-denibaguss-33534-1-pendahul-n.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-denibaguss-33534-2-babi.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini mengacu pada isi dan rumusan masalah penelitian yaitu untuk menganalisis struktur ekonomi di wilayah Koridor Utara Selatan dan Koridor Utara di Provinsi Jawa Timur, menganalisis sektor-sektor yang mempunyai keunggulan kompetitif dan spesialisasi di wilayah Koridor Utara Selatan dan Koridor Utara Provinsi Jawa Timur. Alat analisis yang digunakan adalah: 1). Sumbangan sektor (kontribusi) terhadap PDRB, 2). Location Quotient (Kuosien Lokasi), 3). Analisis Shift Share: 4). Analisis MRP. Hasil analisis menggunakan metode kontribusi menunjukkan pada Koridor Utara Selatan di Provinsi Jawa Timur masih didominasi pada peranan sektor sekunder dengan nilai rata-rata sebesar 49,74% dari total kontribusi wilayah Koridor Utara Selatan terhadap perekonomian Provinsi Jawa Timur. Struktur ekonomi Kabupaten/Kota Koridor Utara Selatan terlihat mulai terjadi pergeseran struktur perekonomian di Kabupaten/Kota Koridor Utara Selatan dari sektor primer menuju ke sektor sekunder dan tersier, walaupun tingkat pergeserannya masih relatif kecil. Struktur ekonomi Kabupaten/Kota Koridor Utara didominasi oleh Sektor Industri Pengolahan dan terlihat mulai terjadi pergeseran struktur perekonomian di Kabupaten/Kota Koridor Utara Provinsi Jawa Timur dari sektor primer menuju ke sektor sekunder dan tersier, walaupun tingkat pergeserannya masih relatif kecil. Terlihat peranan sektor primer dan tersier semakin mengalami penurunan, sementara pada saat yang sama terjadi peningkatan pada peranan sektor sekunder dan tersier. Hasil penentuan sektor basis menunjukkan bahwa Sektor Basis pada Kabupaten/Kota Koridor Utara Selatan di Provinsi Jawa Timur masih didominasi pada Sektor Perdagangan, Hotel & Restoran, Sektor Listrik, Gas & Air Bersih dan Sektor Jasa-jasa. Sektor Basis pada Kabupaten/Kota Koridor Utara di Provinsi Jawa Timur masih didominasi pada Sektor Pertanian, Sektor Keuangan, Persewaan & Jasa Perusahaan dan Sektor Jasa-jasa. Hasil shift share indikasinya berdasarkan dari hasil analisis Shift-Share Klasik bahwa pertumbuhan perekonomian di Provinsi Jawa Timur berpengaruh positif terhadap pertumbuhan perekonomian dimasing-masing Kabupaten/Kota Koridor Utara Selatan dan Koridor Utara. Hasil MRP Kabupaten/Kota Koridor Utara Selatan dan Koridor Utara di Provinsi Jawa Timur menunjukkan indikasi pertumbuhan yang menonjol dan potensial. Kata Kunci:Transformasi Struktural, Sektor Basis, Shift Share Klasik dan MRP.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 15 Apr 2016 08:20
Last Modified: 15 Apr 2016 08:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26933

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo