UMM Institutional Repository

ANALISIS ISI PESAN SOSIAL DALAM IKLAN PARTAI NASDEM VERSI INDONESIA BARU DI GLOBAL TV

Kawulusan, Lissa (2013) ANALISIS ISI PESAN SOSIAL DALAM IKLAN PARTAI NASDEM VERSI INDONESIA BARU DI GLOBAL TV. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lissakawul-31887-2-babi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lissakawul-31887-1-pendahul-n.pdf

Download (749kB) | Preview

Abstract

Partai NasDem adalah salah satu partai baru yang dideklarasikan pada 26 Juli 2011 di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara. Pendirinya adalah Surya Paloh. Parpol ini memiliki tujuan untuk melakukan “Restorasi: mengubah kepura-puraan menjadi keterusterangan”. Berbeda dengan iklan partai yang lain, pada iklan ini yang lebih ditonjolkan adalah semangat gerakan perubahan dalam membangun bangsa Indonesia dan tidak mencitrakan tokoh atau pendiri partai NasDem yaitu Surya Paloh. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah pesan sosial apa saja yang ada di dalam iklan Partai NasDem versi Indonesia Baru. Penelitian ini tergolong kedalam tipe penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi. Rancangan analisis isi sengaja dibuat untuk menghasilkan penghitungan yang objektif dan terukur atas pesan yang nyata (manifest content of messages). Oleh karena itu, analsis isi disini termasuk analisis yang menganalisis tatanan pertandaan yang bersifat denotatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemunculan pesan sosial dalam iklan Partai NasDem adalah (1) Semangat Kebersamaan sebesar 43%, (2) Semangat Cinta Tanah Air sebesar 22%, (3) Semangat Bekerja sebesar 35%. Pada dasarnya kemunculan pesan sosial yang ada dalam iklan Partai NasDem versi Indonesia Baru sesungguhnya ada dan sangat terlihat jelas secara gamblang pada tiap scene-scene. Namun jika diteliti pada iklan Partai NasDem versi Indonesia Baru secara keseluruhan, terdapat pesan sosial pada setiap sub kategori. Dengan kata lain, kemunculan pesan sosial dalam iklan Partai NasDem versi Indonesia Baru dirasa mewakili setiap sub kategori yang telah ditentukan. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa ada 3 pesan sosial dari 25 scene. Ketiga pesan itu meliputi: semangat kebersamaan 43%, semangat bekerja 35%, semangat cinta tanah air 22%. Semangat kebersamaan memiliki kemunculan yang paling banyak dengan persentase sebesar 43%. Pada iklan tersebut Partai NasDem mengajak masyarakat untuk memiliki semangat kebersamaan yang akan membuahkan suatu peersatuan yang pada akhirnya terciptalah suatu gerakan perubahan, hal ini sesuai dengan jargon Partai tersebut yaitu gerakan perubahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 15 Apr 2016 08:03
Last Modified: 15 Apr 2016 08:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26920

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo