UMM Institutional Repository

PENINGKATAN PEMBELAJARAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS III SDN JUNREJO 1 BATU

CAHYANINGRUM, ANITA (2013) PENINGKATAN PEMBELAJARAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS III SDN JUNREJO 1 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anitacahya-31961-1-pendahul-n.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anitacahya-31961-2-babi.pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, terdapat adanya beberapa kesulitan yang dialami oleh siswa SDN Junrejo 1 Batu. Kesulitan yang dimaksud terbukti dari hasil ulangan harian pada semester I tahun pelajaran 2011/2012 untuk materi tersebut diperoleh ketuntasan 40%. Berdasarkan hal tersebut peneliti melaksanakan perbaikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penerapan pembelajaran model Number Haed Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas III SDN Junrejo 1 Batu. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan penerapan model Number Heads Together (NHT) pada siswa kelas III SDN Junrejo 1 Batu.Untuk mengetahui peningkatan kemampuan karater belajar siswa dengan penerapan model Number Heads Together (NHT) pada siswa kelas III SDN Junrejo 1 Batu. Adapun langkah-langkah pembelajaran adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi yang semuanya dilakukan di dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah 20 siswa kelas III SDN Junrejo 1 Batu. Instrumen yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif diskriptif. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil tes pembelajaran penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan model Number Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus 1 terdapat 50% siswa yang tuntas, sedangkan pada siklus 2 menjadi 85% siswa yang tuntas belajar. Sedangkan untuk karakter belajar pada siklus 1 mencapai 70% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 90% dari jumlah 20 siswa SDN Junrejo 1 Batu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 15 Apr 2016 08:02
Last Modified: 15 Apr 2016 08:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26919

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo