UMM Institutional Repository

PERBANDINGAN KECENDERUNGAN ISI HALAMAN DEPAN HARIAN KOMPAS DAN JAWA POS (Analisis Isi Edisi April 2012 )

AMALIA, RAMADHANI NURUL (2013) PERBANDINGAN KECENDERUNGAN ISI HALAMAN DEPAN HARIAN KOMPAS DAN JAWA POS (Analisis Isi Edisi April 2012 ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ramadhanin-31892-2-babi.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ramadhanin-31892-1-pendahul-n.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Perbandingan Kecenderungan Halaman Depan Harian Kompas dan Jawa Pos ini, diawali oleh ketertarikan peneliti dengan kedua media cetak Kompas dan Jawa Pos yang merupakan harian nasional dan regional yang telah terkenal di masyarakat luas dalam penyampaian berbagai beritanya yang penting dan aktual, termasuk berita utama yang terletak dihalaman depan koran. Berita yang disampaikan pun berbagai macam, mulai dari berita politik, ekonomi sampai sosial masyarakat. Sasaran berita pun ditujukan untuk berbagai kalangan seperti pemerintah, masyarakat, kelompok dan individu. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kecenderungan isi tema dan sasaran berita yang ada pada kedua harian Kompas dan Jawa Pos tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori agenda setting dimana media tidak selalu berhasil menyampaikan pesan kepada mesyarakat, tetapi berhasil memberitahu masyarakat untuk berpikir sesuatu. Dimana media memberikan agenda-agenda berita yang masyarakat akan mengikutinya. Asumsi teori ini media mempunyai kemampuan untuk menyeleksi dan mengarahkan perhatian masyarakat pada gagasan atau peristiwa tertentu. Media mengatakan pada kita apa yang penting dan apa yang tidak penting. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah analisis isi dengan pendekatan kuantitatif. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan berita-berita utama koran Kompas dan Jawa Pos. Teknik pengumpulan datanya dengan mengumpulkan kliping koran yang menjadi berita utama dihalaman depan selama bulan April 2012. Dengan unit analisisnya adalah paragraf dan satuan ukurnya adalah frekuensi kemunculan jumlah paragraf yang mengandung sub tema dan sasaran berita berdasarkan kategori yang telah ada. Berdasarkan penelitan yang dilakukan pada koran Jawa Pos dan Kompas selama bulan April 2012, diketahui bahwa selama April 2012, Jawa Pos dan Kompas sama-sama banyak membahas tema berita politik dibandingkan dengan tema-tema lainnya. Dengan jumlah persentase tema politik untuk Jawa Pos lebih besar dibandingkan dengan Kompas. Dan sama-sama banyak membahas berita yang sasaran beritanya untuk pemerintah dibandingkan dengan sasaran-sasaran berita lainnya. Dengan jumlah persentase Kompas lebih besar dibandingkan dengan Jawa Pos.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:55
Last Modified: 15 Apr 2016 07:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26912

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo