UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYELESAIKAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN WONODADI 1 KUTOREJO MOJOKERTO

Kusniawati, Dina (2013) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYELESAIKAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN WONODADI 1 KUTOREJO MOJOKERTO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dinakusnia-31963-1-pendahul-n.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dinakusnia-31963-2-babi.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal, menunjukkan adanya beberapa pengembangan kompetensi yang dialami siswa SDN Wonodadi I Kutorejo Mojokerto pada materi hitungan berat benda. Hal itu disebabkan oleh (1) materi sangat banyak dan membuat guru membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengajarkan kepada peserta didik, (2) pembelajaran yang diterapkan guru cenderung behavioristik, (3) ketidaksesuaian model pembelajaran yang digunakan, (4) siswa kurang berperan aktif saat pelajaran matematika, (5) siswa kurang konsentrasi dan kurang memperhatikan guru pada saat menerangkan pelajaran matematika, (6) siswa kurang dalam mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah khususnya dalam kompetensi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda. Sesuai dengan latar belakang, tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika kelas II SDN Wonodadi I Kutorejo Kab. Mojokerto, (2) meningkatkan keterampilan menyelesaikan masalah hitungan berat benda siswa kelas II SDN Wonodadi I Kutorejo Kab. Mojokerto dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan deskripif kualitatif. Deskriptif bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu kelompok. Sedangkan yang dimaksud dengan kualitatif adalah penggambaran data-data hasil penelitian dari hasil wawancara, tes keterampilan menyelesaikan masalah, dan instrumen penelitian lainnya yang berupa kalimat atau kesimpulan dari hasil penelitian. Berdasarkan hasil tes diakhir pembelajaran, diketahui rata-rata nilai tes keterampilan menyelesaikan masalah mengalami peningkatan. Pada rata-rata nilai pada tes akhir siklus I sebesar 72, dan rata-rata nilai pada tes akhir siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,33. Selain itu diketahui pula bahwa ketuntasan hasil tes kterampilan menyelesaikan masalah pada siklus I dan II mengalami peningkatan, sebanyak 46,67% siswa yang tuntas menjadi 86,67% siswa. Pada rata-rata nilai proses pembelajaran mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 63% menjadi 75%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:51
Last Modified: 15 Apr 2016 07:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26909

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo